Indramayu Boleh Bikin Exit Jalan Tol Cisumdawu, Tembus ke Jatibarang? Kang Emil Kasih Info Begini

Indramayu Boleh Bikin Exit Jalan Tol Cisumdawu, Tembus ke Jatibarang? Kang Emil Kasih Info Begini

Kabupaten Indramayu boleh mengajukan exit tol untuk Jalan Tol Cisumdawu.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Daerah di sepanjang Jalan Tol Cisumdawu atau Tol Cileunyi Sumedang Dawuan boleh mengusulkan membangun exit Tol, temasuk Kabupaten Indramayu.

Tidak hanya Kabupaten Indramayu, kepala daerah lainnya juga boleh mengusulkan membangun exit tol Cisumdawu untuk membantu perkembangan daerahnya.

Tapi, Kabupaten Indramayu sepertinya menjadi prioritas karena saat ini hanya memiliki 1 exit toll yakni Cikedung dari Tol Cipali.

Masalahnya, area Cikedung jauh dari pusat perekonomian dan pusat kota dari Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:VIRAL! Oknum Suporter Dilarang Nonton Persib Bandung di Stadion Seumur Hidup Gara-gara Menyalakan Flare

Dengan adanya Tol Cisumdawu, wilayah di sekitarnya boleh saja mengajukan membuat exit toll untuk memudahkan akses pergerakan masyarakat.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mempersilakan bila ada kepala daerah yang ingin mengajukan exit tol. Syaratnya, asal alasan dan argumentasinya jelas.

"Barangkali Indramayu mau nyodet ke Tol Cisumdawu dan bikin exit toll, boleh. Kepala daerah silakan mengajukan," kata Kang Emil, saat ditemui radarmajalengka.com, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu, 21, Januari 2023.

Kang Emil mencontohkan Bupati Tasikmalaya yang kebagian 1 pintu tol dari Tol Getaci atau Gedebage Tasikmalaya Cilacap. Tetapi, bupati mengajukan 3 exit tol. Hal tersebut boleh saja diusulkan, asalkan alasannya jelas.

BACA JUGA:Daerah Boleh Mengajukan Exit Tol Cisumdawu, Indramayu Boleh Bikin Sodetan, Cirebon Minat Juga?

Menurutnya, Tol Cisumdawu adalah momentum luar biasa untuk wilayah Pantura. Karena itu, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya termasuk oleh pemerintah daerah.

Sehingga Tol Cisumdawu dapat benar-benar membawa manfaat untuk daerah di wilayah timur dari Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya tol tersebut, lalu lintas Bandung ke wilayah Kabupaten Majalengka dan Cirebon juga semakin cepat.

Bahkan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, bisa berkembang sesuai dengan ekspektasi.

"Kepala daerah boleh mengajukan exit toll. Kalau Indramayu mau, silakan. Asal argumentasinya jelas," kata Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: