Yamaha 2022-09

Raden Soerjadi Soerjadarma Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Raden Soerjadi Soerjadarma Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

BHAKTI TNI: Penyerahan surat permohonan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dalam rangka HUT ke-75 Bhakti TNI Lanud Sugiri Sukani Jatiwangi Kabupaten Majalengka, di halaman Lanud Sugiri Sukani, Senin (15/8).--

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA - Marsekal TNI (Purn) Raden Soerjadi Soerjadarma mendapatkan gelar Pahlawan berdasarkan penyerahan surat permohonan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dalam rangka HUT ke-75 Bhakti TNI Lanud Sugiri Sukani Jatiwangi Kabupaten Majalengka, di halaman Lanud Sugiri Sukani, Senin (15/8).

Komandan Lanud Sugiri Sukani Mayor Pnb Supardo Butarbutar MHan dalam laporannya menjelaskan, dalam rangkaian hari bakti TNI Angkatan Udara yang ke-75 dengan mengangkat tema "Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI Angkatan Udara siap mewujudkan angkatan udara yang disegani di kawasan".

"Melalui rangkaian hari bakti TNI Angkatan Udara ini telah dilaksanakan bantuan sosial tidak lain untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup secara berkesinambungan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan partisipasi kelompok dalam menjaga kesehatan keluarga," jelas Danlanud.

Rangkaian hari bakti TNI Angkatan Udara selain pelaksanaan donor darah dan pemberian bantuan sosial, juga sekaligus dilakukan penyerahan surat permohonan penganugerahan gelar Kepahlawanan Nasional Marsekal (Purn) Raden Soerjadi Soerjadarma.

BACA JUGA:Semakin Berkualitas dan Kreatif, Ini Dia Pemenang Yamaha Fazzio Jingle Competition 2022

Sementara itu Sekda Majalengka Drs H Eman Suherman MM mengucapkan selamat datang kepada Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio SIP MSi beserta rombongan di Kabupaten Majalengka khususnya di Lanud Sugiri Sukani.

Dalam mewujudkan sinergitas pemda dengan forkopimda saat ini Pemerintah Daerah Majalengka bersama dengan TNI sedang melaksanakan program-program sinergitas di antaranya TNI Bhakti Desa Sehat.

"Program tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan sinergitas dan rasa saling memiliki antara TNI dan masyarakat Kabupaten Majalengka," kata sekda.

Sekda menambahkan dengan adanya kegiatan bhakti sosial rangkaian Hari Bakti TNI AU ke-75 bisa untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli kepada masyarakat. "Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selamat Ulang Tahun buat TNI AU semoga semakin Jaya," tambah sekda.

BACA JUGA:Pemkab Launching Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Sementara itu Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio SIP MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Cirebon adalah salah satu kota yang memiliki sejarah penting bagi TNI Angkatan Udara. Seperti diketahui bersama, salah seorang tokoh sentral pendiri Angkatan Udara Republik Indonesia yang dikenal sebagai Bapak AURI, sekaligus kepala staf angkatan udara (TNI AU) pertama, yakni Komodor Udara Raden Soerjadi Soerjadarma.

Meskipun terlahir di Banyuwangi, namun masih memiliki garis keturunan dari Keraton Kanoman, Cirebon. Pada masa awal kemerdekaan Republik Indonesia, Raden Soerjadi Sorjadarma bersama-sama dengan tokoh AURI lainnya membangun kekuatan Angkatan Udara Republik Indonesia.

Meskipun pada saat itu kondisi bangsa serba kekurangan, hanya dengan bermodalkan pesawat-pesawat peninggalan penjajah Jepang, namun beliau mampu membentuk dan menyusun kekuatan AURI, serta memberikan darma bakti terbaiknya dalam mempertahankan kemerdekaan Republik indonesia.

"Berkat jasa-jasa dan pengorbanan yang telah beliau darma baktikan bagi bangsa dan negara kita. Untuk itulah, sebagai generasi penerus, sudah seharusnya kita jadikan tauladan dalam mengisi kemerdekaan, sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing.

Sumber: