Malam Sastra Festival Sanggar Semarak, Literasi AGP Kerjasama Kemedsikbud Ristek Gelar Tiga Lomba

Senin 28-10-2024,13:00 WIB
Reporter : Almuaras
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM -  Malam Sastra  sastra berthema  “Kotagula dalam pigura 2024”  sebagai  puncak  Festival Sastra  Kabupaten Majalengka  yang diselenggarakan Sanggar Literasi AGP ( Assosiasi Guru Pena)   Kabupaten Majalengka kerjasama  dengan Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi  ( Kemenristek) Republik  Indonesia  melalui  Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sukses menggelar  tiga even dalam kurun waktu tiga minggu di Kabupaten Majalengka berlangsung semarak Sabtu malam (26/10).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka,H Rd Moch Umar Marup SSos MSi,  Kabag Promkopim Setda Majalengka,  Dr H Momon Lentuk  MPd, Camat Kasdipaten,H Sunarto, SKM  dan Kepala Desa Liangjulang.

Ketua AGP  Kabupaten Majalengka yang juga penanggung jawab Malam Sastra, Asikin Hidayat.SPd MPd  menyatakan bersyukur  AGP mendapatkan  kepercayaan  untuk  menyrelenggarakan   tiga even  yang  dilgelar  yakni  pertama,  Lomba Membaca Puisi Tingkat SD (Sabtu, 28 September 2024), kedua,  Lomba Membaca Puisi Tingkat SMP (Minggu, 6 Oktober  2024) dan yang ketiga Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA (Minggu, 13 Oktober 2024).

Kegatan yang berlangsung dihalaman  Surya Toserba Kadipaten  Kabupaten Majalengka  itu berlangsung semarak mulai pukul 19 30 hingga pukul 23.00 WIB.

BACA JUGA:Memastikan Peluang Investasi, Komisi II DPRD Kunjungi BIJB Kertajati

Pada Malam Sastra  yang  merupakan rangkaian dari Festival sastra berthema  “Kotagula dalam pigura 2024” ditampilkan para juara pada kegiatan tersebut.

Diantaranya, juara Lomba Baca Puisi SD, juara 1 Rayhan Naufal Fachry dari SD Cicurug III Kecamatan Majalengka, Juara II Aurora Krasivaya Thifal dari SD IT Insan Kamil, Majalengka, dan juara III Naura Elvira Natasya dari SDN Nagarakembang 1 Kecamatan  Cingambul.

Juga  tampil  juara baca puisi Tingkat SMP yakni  Dadi Hardianto (Juara 1) dari SMPN 1 Maja, Syifa Sri Wulandari (Juara 2) dari SMPN 1 Cikijing, dan Assyifa Azizah Amanatullah (Juara 3) dari SMPN 1 Jatiwangi.

Penampilan yang seru  yakni  juara  Lomba Musikalisasi Puisi yakni  juara 1 kelompok dari SMAN 1 Majalengka, Juara 2 SMKN 1 Palasah, dan Juara 3 diraih oleh SMA Negeri 1 Sumberjaya. Sedangkan Juara harapan 1, 2, 3 masing-masing dibemanangkan oleh SMK Bina Wira Usaha Talaga, SMA Negeri 1 Kasokandel, dan SMAN 1 Ligung.

BACA JUGA:Himpunan Wanita Disabilitas Titipkan Harapan ke Paslon ASIH

Pada kesempatan itu, Kadisdik Umar  berkesempatan tampil berpuisi   membacakan karya Dr  H Momon Lentuk, MPd.  

Momon Lentuk  sebagai Kabag  Porkopimda Setda Majalengka yang  hadir mewakili Pj Bupati Majalengka sangat mengapresiasi  kegiatan  yangdiselenggarakan oleh Sanggar Literasi AGP.  “ Semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali dengan sebih semarak,” ujarnya.  (ara)

Kategori :