Peserta PKW LKP Mustika Wangi Layani Servis Motor Gratis

Kamis 19-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Almuaras
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mustika Wangi di Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, kembali memberikan pelayanan servis motor gratis. Kegiatan ini berlangsung di halaman balai Kelurahan Majalengka Kulon pada Selasa (17/9).

Puluhan warga mengantre sejak pukul 08.00 untuk mendapatkan layanan dari para mekanik muda. Sebelumnya, servis motor gratis ini juga dilaksanakan di Desa Jatiwangi dan Desa Palasah.

Ketua LKP Mustika Wangi, Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa pelayanan servis motor gratis ini merupakan implementasi dari program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Vokasi.

Iwan menyebutkan bahwa secara nasional hanya ada enam lembaga otomotif yang mendapatkan program PKW ini, dan salah satunya adalah LKP Mustika Wangi, yang beralamat di Jalan Raya Timur No. 15, Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Langkah Konkret Pemkab, Serius Atasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Di Jawa Barat, hanya ada dua LKP yang memperoleh kepercayaan dari pemerintah, terutama dari Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Ia bersyukur terus mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbudristek untuk melaksanakan pelatihan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum, terutama bagi anak usia sekolah yang tidak sekolah, yang masih menganggur, dan yang tidak mampu.
Dalam program tahun 2024, sebanyak 40 peserta didik dari delapan desa di lima kecamatan se-Kabupaten

Majalengka akan direkrut untuk dilatih dan dibina dalam keterampilan perbengkelan, bekerja sama dengan Bedikari Motor Honda dan PT Arista Yamaha.

“Pelayanan servis motor gratis ini merupakan praktik kewirausahaan dalam rangkaian kegiatan PKW tahun 2024. Servis gratis ini juga akan dilaksanakan di Desa Malongpong, Cipicung, dan Nunuk Baru, Kecamatan Maja, serta di Desa Padahanten, Kecamatan Sukahaji,” katanya.

BACA JUGA:Menteri AHY Tekankan Pengadaan Tanah Harus Utamakan Keadilan

Iwan menegaskan bahwa PKW ini bertujuan mendidik generasi muda agar dapat mandiri dan menjadi wirausahawan muda di bidang perbengkelan demi meningkatkan kesejahteraan hidup dan masa depan yang lebih baik.
Ia menjelaskan bahwa para peserta tidak hanya mendapatkan pelatihan dan keterampilan mekanik, tetapi juga materi kewirausahaan, pembukuan, dan pemasaran digital.

“Para peserta akan diberikan modal dan peralatan perbengkelan untuk membuka usaha bengkel baru,” ujarnya.
Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada para kepala desa yang telah mendukung program ini, terutama Lurah Majalengka Kulon yang sangat responsif dan mendukung program pemerintah tersebut.

Iwan menyebutkan bahwa LKP Mustika Wangi kini telah memiliki 50 kelompok Bengkel Otomotif Mustika Wangi (Kobeto) di Kabupaten Majalengka.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, akan terbuka wirausaha dan bengkel baru di Kabupaten Majalengka, serta membuka lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap suami dari Erin Windarini.

BACA JUGA:Terima Sertipikat dari Menteri AHY, Warga Eks Timor Timur Petik Hasil Kesetiaan kepada NKRI Setelah 25 Tahun

Kategori :