Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Seminar Pemberdayaan UMKM di Desa Juntinyuat Khususnya Pengelolaan Keuangan

Selasa 06-08-2024,19:58 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) baru-baru ini menyelenggarakan seminar pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Seminar pemberdayaan dengan tema "Pemisahan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha" itu dilaksanakan di Balai Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang merupakan tempat pengabdian mahasiswa.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma Desa Juntinyuat, Ilham Nurfauzan mengatakan acara seminar pemberdayaan tersebut dihadiri oleh 14 pelaku UMKM lokal yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan pengusaha kecil dan menengah.

 

"Peserta seminar ini terdiri dari berbagai latar belakang usaha termasuk pemilik usaha terasi, aneka kue, kerupuk telur asin, sablon, anggota Desbumi (Desa Peduli Buruh Migran), serta ibu-ibu PKK," kata Ilham. 

 

Rita Sri Silvia Pamuji SE MM yang merupakan pemateri utama dalam kegiatan seminar tersebut menekankan pentingnya pemisahan keuangan pribadi dengan keuangan usaha sebagai langkah krusial untuk menjaga stabilitas finansial.

 

"Prinsip-prinsip keuangan penting seperti alokasi penghasilan yang bijak seperti 60 persen untuk kebutuhan, 20 persen untuk keinginan, dan 20 persen lainnya untuk tabungan," jelas Rita yang juga dosen tetap Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Majalengka (Unma) ini.

 

Salah satu perangkat desa Juntinyuat, Heri yang membuka kegiatan seminar UMKM itu mengungkapkan pihaknya mengapresiasi terhadap kegiatan ini. 

 

"Materi literasi keuangan yang disampaikan sangat relevan dan penting sebagai bekal utama bagi UMKM dalam mengelola dan mengembangkan berbagai jenis usaha," kata Heri. 

Kategori :