Berwisata Melihat Keindahan Relief Kisah Mahabharata di Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara

Jumat 31-05-2024,08:15 WIB
Reporter : Kusuma Yanuwar Dani
Editor : Kusuma Yanuwar Dani

RADARMAJALENGKA.COM - Candi Arjuna merupakan candi Hindu yang unik dan istimewa. Candi ini memiliki nilai sejarah, budaya, dan arsitektur yang tinggi. Candi Arjuna adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng.

Candi Arjuna merupakan candi Hindu yang terletak di Kompleks Candi Dieng, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan candi-candi lain di Indonesia, antara lain:

1. Bentuk dan Arsitektur

Candi Arjuna memiliki bentuk yang lebih lebar dan pendek dibandingkan dengan Candi Bima. Candi ini memiliki 3 tingkatan, dengan tingkatan teratas berbentuk stupa.

Arsitektur Candi Arjuna juga menggabungkan pengaruh dari India Utara dan India Selatan. Hal ini terlihat pada bentuk atap candi yang menyerupai stupa, serta pada hiasan-hiasan yang terdapat pada candi.

BACA JUGA:Kampung Budaya Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang Populer di Banjarnegara!

Candi Arjuna memiliki 1 relung pada setiap sisi candi. Relung ini dulunya berisi arca Dewa Siwa, namun saat ini arca tersebut sudah hilang.

2. Hiasan dan Relief

Candi Arjuna dihiasi dengan berbagai macam relief yang menceritakan kisah-kisah Mahabharata. Relief-relief ini dipahat dengan sangat detail dan indah.

Candi Arjuna juga memiliki beberapa hiasan berupa makara, kala, dan nandi. Hiasan-hiasan ini melambangkan kekuatan, kemakmuran, dan kesuburan.

3. Bahan Bangunan

Candi Arjuna dibangun dengan menggunakan batu andesit. Batu andesit adalah batu beku yang keras dan tahan lama.

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh Candi Tertua yang Ada di Indonesia, Candi Bima di Dieng, Banjarnegara

Penggunaan batu andesit membuat Candi Arjuna dapat bertahan selama berabad-abad, meskipun candi ini telah mengalami beberapa kali kerusakan akibat gempa bumi dan letusan gunung berapi.

4. Sejarah dan Fungsi

Kategori :

Terpopuler