Sering Overthingking? Ini 7+ Cara Mengurangi Overthingking Yang Bisa Kamu Terapkan

Rabu 22-05-2024,22:01 WIB
Reporter : Cahyaningrum Komalasari
Editor : Cahyaningrum Komalasari

RADARMAJALENGKA.COM - Overthinking, atau berpikir berlebihan, adalah kecenderungan untuk terlalu banyak memikirkan situasi atau masalah, bahkan ketika tidak ada solusi yang jelas. 

Ini bisa menjadi siklus yang sulit diputus dan dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan ketidakbahagiaan secara keseluruhan. 

Namun, dengan kesadaran diri dan teknik-teknik yang tepat, kita dapat belajar untuk mengurangi overthinking dan hidup dengan lebih tenang. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa cara efektif untuk mengatasi overthinking.

BACA JUGA:Sinopsis Dari Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Mansoon : Menjadi Lebih Tenang dan Bahag

 1. Praktikkan Kesadaran Diru

Kesadaran diri adalah kunci untuk mengatasi overthinking. Mulailah dengan mengenali pola pikiran dan emosi Kamu. Ketika Kamu menyadari bahwa Kamu mulai terjebak dalam pikiran berputar-putar, tarik napas dalam-dalam dan fokus pada saat ini. Latihlah diri Kamu untuk kembali ke hadir dengan mengamati lingkungan sekitar Kamu dan merasakan sensasi fisik tubuh Kamu.

 2. Terapkan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, dan yoga dapat membantu mengurangi overthinking dengan menenangkan pikiran dan tubuh. Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih teknik ini, bahkan jika hanya beberapa menit. Ini akan membantu Kamu menemukan ketenangan dalam kegelisahan.

 3. Tetapkan Batasan Waktu untuk Pikiran

Ketika Kamu merasa terjebak dalam siklus overthinking, tetapkan batasan waktu untuk diri sendiri untuk memikirkan masalah tersebut. Misalnya, berikan diri Kamu 10-15 menit untuk memikirkan situasi tersebut, kemudian pindah ke aktivitas lain. Ini membantu mencegah Kamu terjebak dalam analisis berlebihan.

 4. Jaga Pikiran Tetap Sibuk

Salah satu cara efektif untuk mengurangi overthinking adalah dengan menjaga pikiran Kamu tetap sibuk dengan aktivitas yang positif dan bermakna. Temukan hobi atau kegiatan yang Kamu nikmati dan habiskan waktu untuk melakukan hal-hal tersebut secara teratur. Hal ini akan membantu mengalihkan perhatian Kamu dari pikiran berlebihan.

BACA JUGA:Daun Salam : Dikenal Banyak Manfaatnya, Ini Cara Penggunaan dan Fakta Menarik Dari Daun Salam

 5. Cari Solusi Daripada Fokus pada Masalah

Kategori :

Terpopuler