Antisipasi Berita Hoaks, KKN Mahasiswa UNMA Gelar Sosialisasi Literasi Digital

Senin 04-09-2023,09:00 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Dalam menghadapi era digital yang semakin canggih dan masalah penyebaran berita hoaks yang semakin serius, mahasiswa KKN dari Universitas Majalengka (Unma) mengambil inisiatif untuk memberikan kontribusi positif dengan menggelar kegiatan sosialisasi literasi digital.

Kegiatan yang diselenggarakan bagi masyarakat di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang tersebut mengambil tema "Resep Menjadi Netizen Beradab".

Fokus utama kegiatan tersebut adalah edukasi mengenai pentingnya menjaga kesopanan serta tidak mudah menyebarkan berita hoaks dalam konteks dunia media sosial.

Pemateri sosialisasi, Ade Bastian yang juga merupakan dosen di UNMA, memberikan materi yang mencakup penjelasan mengenai jenis-jenis postingan atau komentar yang bisa merugikan orang lain dan bahkan melanggar hukum.

BACA JUGA:Dipecat Gegara Kenceng Ganjar, Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon: Salahi Aturan, Desy Ratnasari Begal Jabatan!

BACA JUGA:Lihat Betis Ratu Ken, Pria Ini Jatuh Hati, Guru Spiritualnya Dipaksa Bikin Keris Picu Kutukan 7 Raja Tewas

"Materi ini bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Sakurjaya lebih memahami konsekuensi dari perilaku negatif di dunia maya," kata Ade.

Selain itu, materi juga membahas fenomena yang sering terjadi di Indonesia, di mana perilaku masyarakat di dunia nyata berbeda dengan perilaku mereka di dunia maya. Di internet, banyak netizen yang kurang sopan, bahkan dianggap sebagai netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Hal ini merupakan tantangan yang perlu diatasi untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih beradab.

"Terhadap hal ini, perlu dicatat bahwa, kegiatan ini juga ditujukan untuk memberikan edukasi tentang bagaimana menjadi netizen beradab," tambahnya.

Disamping itu, melibatkan langkah-langkah untuk menghindari perilaku bullying, harassment, tidak menyebarkan hate speech, dan yang tak kalah penting, kemampuan untuk membedakan berita yang benar dan berita palsu sebelum membagikannya ke publik.

BACA JUGA:Desa Kuno Ini Asal Putri Brahmana Kuasai Ilmu Karma Amamadang, Ratu Ken Leluhur Raja-raja Jawa

BACA JUGA:Ingin Sakti, Usai Minum Air Kelapa, Puasa Ngebleng 7 Hari di Kawasan Kalimati Parangtritis, Pria Ini Tewas

Kepala Desa Sakurjaya, Iim Muhyidin, mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN Unma di desanya. Ia berharap bahwa kedatangan mereka dapat membantu mengubah perilaku netizen lokal menjadi lebih beradab dan positif.

Sementara itu, ketua Panitia KKN, Iman Sadiman menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyelenggarakan acara ini, termasuk dalam menyediakan tempat dan waktu yang dibutuhkan. Ia menekankan bahwa kegiatan ini adalah inisiatif nyata mahasiswa dalam rangka berkontribusi pada masyarakat, dengan dukungan dari Kominfo pusat.

"Semoga kegiatan semacam ini terus berkembang dan dapat membantu masyarakat menghadapi tantangan literasi digital di masa depan," tandasnya. (ono)

Kategori :