Mahasiswa Unma Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Bermedia Digital

Mahasiswa Unma Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Bermedia Digital

Mahasiswa Universitas Majalengka yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di desa Kudangwangi Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang melaksanakan sosialisasi literasi digital -Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Mahasiswa Universitas Majalengka yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di desa Kudangwangi Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang melaksanakan sosialisasi literasi digital.

Sosialisasi Literasi Digital dengan Tema 'Aman Bermedia Digital' itu bertujuan agar masyarakat aman serta meningkatkan kesadaran individu terhadap berbagai jenis ancaman digital kepada puluhan warga setempat.

"Digital Safety atau aman bermedia digital tentu harus ditingkatkan dalam ancaman digital seperti penipuan online, serangan siber, malware, dan risiko lainnya," jelas Erni Sari Lumban Toruan ST MT sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut.

Menurut Erni, dengan pemahaman yang lebih baik tentang potensi bahaya ini, setiap individu akan lebih waspada dan siap menghadapi situasi berbahaya. Kemudian melalui meningkatkan pemahaman tentang Privasi Online Literasi digital aman bertujuan untuk membantu individu memahami pentingnya privasi online dan dampak dari berbagi informasi pribadi di dunia digital.

BACA JUGA:Puluhan Icumbent Nyaleg Lagi, Terbanyak di Daerah Pemilihan 3, 4 dan 5

Ia menjelaskan, individu akan belajar bagaimana menjaga privasi mereka, mengelola pengaturan privasi pada platform media sosial, dan menghindari berbagi informasi yang dapat merugikan.

"Karenanya, kami bersama mahasiswa juga mengajarkan praktik keamanan digital yang bijaksana. Karena dengan literasi digital aman bertujuan untuk memberikan individu keterampilan dan
pengetahuan tentang praktik keamanan digital yang bijaksana," tegasnya.

Ditambahkan, praktik keamanan digital yang bijaksana tersebut meliputi penggunaan kata sandi yang kuat dan berbeda-beda untuk akun-akun online, memahami risiko membuka lampiran atau tautan yang mencurigakan dalam email, serta menghindari mengunduh atau menginstal perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal.

Pihaknya juga mendorong setiap individu masyarakat agar berperilaku positif di media sosial dan online. Karena melalui literasi digital yang aman maka akan menciptakan dan membentuk perilaku positif di dunia digital.

BACA JUGA:Inge Anugrah Kecewa Banget Akan Keputusan Pengadilan Terkait Hak Asuh Anak

Individu akan diajarkan tentang etika online, seperti menghormati hak privasi
orang lain, tidak menyebarkan informasi palsu (Hoaks) atau merugikan, serta cara berkomunikasi dengan sopan dan menghormati dalam platform media sosial.

"Oleh karena itu, kami memberikan kemampuan bagaimana mengatasi permasalahan keamanan guna bertujuan agar setiap individu mendapatkan keterampilan untuk mengatasi masalah
keamanan yang mungkin mereka hadapi," tambahnya.

Sementara itu, mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) juga memberikan pemahaman dan praktik cara melaporkan perilaku berbahaya, mengidentifikasi serangan phishing, dan mengatasi situasi di mana informasi
pribadi telah terekspos atau dicuri.

Diharapkan melalui program KKN-Tematik tentang Sosialisasi Literasi Digital diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dalam bermedia digital. Kegiatan tersebut juga ada doorprize menarik dari mahasiswa dan narasumber diberikan kepada masyarakat yang mengajukan pertanyaan. (ono)

BACA JUGA:DPMD Jabar Gelar Peningkatan Kapasitas BPD dan Perangkat Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: