
BACA JUGA:MULUS! Update TOL CISUMDAWU di Seksi 5 Cipamekar, Sudah Layak Dilewati Kendaraan, Mantap
Pembangunannya juga dilatarbelakangi lapisan tanah yang labil dan saat dilakukan pengetesan, baru di kedalaman 40 meter ditemukan layer yang keras.
Karena struktur tanah labil tersebut tidak memungkinkan dibangun jalan, sehingga dilewati dengan jembatan di atasnya.
Pada pembangunannya, jembatan ini menggunakan struktur yang ditopang dengan 17 pier head dengan masing-masing bentangannya 40,8 meter.
Lebar pier head tersebut mencapai 34,1 meter dan pada bagian terdalam, memiliki ketinggian 27 meter dari permukaan tanah.
2. Pembangunan Jembatan Conggeang
Lokasinya berada di Kampung Kawungluwuk, Desa Conggeang Kulon, Kecamatan Conggeang. Panjangnya mencapai 636 meter yang berada di Seksi 5A.
Pembangunan jembatan ini, bukan dikarenakan di lokasi tersebut terdapat sungai atau jurang. Tetapi lebih kepada pertimbangan teknis bahwa di area itu, terdapat lapisan tanah labil yang tidak memungkinkan dibangun jalan.
Dengan panjang 636 meter, ini adalah jembatan terpanjang kedua di ruas tol yang menghubungkan Bandung dengan Kabupaten Majalengka itu.
3. Jembatan Baru di Seksi 5B
Pasca kejadian longsor di dekat Underpass Ungkal, jembatan di Seksi 5 Tol Cisumdawu akan ditambah lagi. Tepatnya di Seksi 5B.
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, penanganan longsor di area tersebut dilakukan dengan membangun jembatan.
"Karena terus bergerak, jembatan ini akan mengangkangi bagian yang longsor. Di daerah sekitarnya juga akan diperkuat," kata Basuki.
4. Main Road Desa Cipamekar