240 Siswa MTs dan MA Darul Ulum PUI Diwisuda

240 Siswa MTs dan MA Darul Ulum PUI Diwisuda

WISUDA: Sebanyak 80 siswa MTs dan 11 siswa MA berhasil menghafal Alquran 2 Juz, dengan metode ummi, yakni Juz 29 dan 30. --

Radarmajalengka, MAJALENGKA - Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Persatuan Umat Islam (PUI) Majalengka, secara bersamaan menggelar kegiatan prosesi khatam Alquran dan prosesi upacara wisuda kelas 9 dan 12.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Islamic Centre pada, Kamis (16/6), berlangsung khidmat dan penuh makna. Apalagi dalam prosesnya, dihadiri langsung oleh Ketua DPD PUI Majalengka, H Asep Zaki Mulyatno, KH Iman Budiman, Ketua DPW PUI Jawa Barat, dan Ketua Ketua Umum DPP PUI, KH Nurhasan Zaidi.

Kepala Kementerian Agama Drs H Moh Mulyadi M MPd, Bupati Majalengka Karna Sobahi yang diwakili, Sekretaris Daerah Majalengka Eman Suherman, berserta pejabat lainnya dan para wali murid.

Kepala Sekolah MTs Ilisya P Indrasari S Si M PdI mengatakan bahwa dalam kegiatan khatam Alquran, ada 80 orang dari siswa MTs dan 11 orang siswa MA yang berhasil menghafal Alquran 2 Juz, dengan metode ummi, yakni Juz 29 dan 30.

BACA JUGA:Resmi, STIKes YPIB Jadi Universitas YPIB Majalengka

Sedangkan untuk jumlah siswa yang mengikuti prosesi wisuda ini, untuk siswa MTs ada 180 orang, untuk siswa MA ada 60 orang.

"Jadi totalnya 240 orang wisudawan di tahun ajaran 2021-2022 dan 100  persen lulus,” ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan Kamis (16/6).

Selain itu, dirinya juga telah merencanakan program untuk meningkatkan kualitas murid, di antaranya dalam waktu dekat ini, ada program pembelajaran matematika nalaria untuk guru. Kemudian ada program Dauroh Quran dan pelatihan Bahasa Arab untuk guru Bahasa Arab. "Itu tentunya nanti untuk murid. Meningkatkan kualitas guru, untuk meningkatkan kualitas murid,”  jelasnya.

BACA JUGA:Dua Tinggi

Bahkan dirinya juga mengatakan bahwa saat ini, siswanya ada yang berhasil juara satu dan juara dua, dalam Kompetensi Bahasa Arab Nasional (Kombanas) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu Kepala Sekolah MA Arif Ubaidillah YM, SPdI menambahkan bahwa tahun ini ada peningkatan jumlah siswa yang berhasil mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Untuk siswa yang hari ini keterima SBMPTN, kurang lebih ada 11 orang, sebagaian masih menyusul. Alhamdulillah ada peningkatan, karena tahun kemarin kisaran 9 orang,” ungkapnya.

Bahkan untuk meningkatkan kuliatas para siswa di lingkungan MA, sekolah telah menetapkan program Test of English as a Foreign Language (tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) dan hasilnya ada yang berhasil menghapal 460 kosa kata.

Ditambah lagi tahun pertama ini, sekolah memiliki program keterampilan, ada Kriya, ada Robotik, ada juga klub Bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.

"Saya berharap kepada para siswa yang diwisuda, semoga mereka sukses dan bahagia, kemudian bisa mengamalkan ilmu yang sudah didapat dan mengembangkannya. Mudah-mudahan mereka tidak berhenti belajar dan terus belajar,” harapnya. (bae)

BACA JUGA:Puan Maharani Sowan ke Kiai Langitan, Dapat Julukan Ning

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: