PKG Prioritas untuk Warga yang Ultah

PKG Prioritas untuk Warga yang Ultah

ANTRE: Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) yang dapat dilakukan di Puskesmas Munjul.-Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  – Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) di Puskesmas Munjul, Kecamatan Majalengka, kini sudah dapat dilayani oleh petugas kesehatan di Puskesmas yang terletak di Kelurahan Munjul tersebut.

Kepala Puskesmas Munjul, Hj. Nia Endah Kurniasih SST menyebutkan bahwa sesuai dengan program Presiden Prabowo, sebagai bentuk apresiasi untuk warga yang berulang tahun, mereka diberikan layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) yang dapat dilakukan di Puskesmas Munjul.

“Karena pelayanan PKG membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar satu jam per orang, karena harus menunggu hasil laboratorium, makanya setiap hari hanya bisa melayani sekitar 10 orang saja,” ujar Kepala Puskesmas Nia kepada Radar kemarin.

Menurut dia, saat ini pihaknya sangat membutuhkan tenaga perawat D3, karena jumlah perawat yang dimiliki oleh Puskesmas Munjul sangat minim.

BACA JUGA:LFNU-PCNU Gelar Kalibrasi Kiblat 7 Masjid

“Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kami membutuhkan tenaga perawat D3,” ujar Nia kepada wartawan koran ini.

Dijelaskan, untuk warga yang berulang tahun pada Januari-Februari 2025, mereka bisa mendapatkan layanan PKG serta menerima raport hasil pemeriksaan kesehatannya.

“Setiap orang, meskipun usianya sama, tetapi jenis pemeriksaan kesehatannya bisa berbeda-beda, tergantung hasil skrining oleh petugas medis,” ujarnya.

Dikatakan, meskipun ada pelayanan PKG, layanan pengobatan umum di Puskesmas tetap berjalan. “Biasanya, kunjungan pasien umum per hari bisa mencapai 100-150 orang, sementara untuk layanan PKG, setiap harinya hanya sekitar 10 orang saja,” ujarnya.

BACA JUGA:Fitur-Fitur Canggih yang Dukung Pengalaman Touring Semakin Nyaman dan Menyenangkan

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan antara lain tensi darah, kesehatan gigi, kolesterol, EKG (jantung), dan lainnya.

Menurutnya, pelayanan di Puskesmas Munjul kini telah menggunakan sistem Integrasi Layanan Primer (ILP). Bahkan, pihaknya telah membuat program per klaster pelayanan.

Misalnya, klaster 1 menangani masalah perizinan dan sarana prasarana, klaster 2 untuk melayani kesehatan ibu dan anak, klaster 3 untuk melayani usia dewasa dan lansia, serta klaster 4 untuk kesehatan lingkungan dan penanggulangan penyakit menular, ditambah dengan lintas klaster dan konseling.

Seorang pasien asal Kelurahan Cijati, Kecamatan Majalengka, Mahmud (60), mengaku datang ke Puskesmas Munjul untuk berobat penyakit nyeri tulang punggung dan pilek. Ia mengaku berjalan kaki dari Cijati ke Puskesmas Munjul dan mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas kesehatan di Puskesmas Munjul tanpa diminta uang sepeser pun. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: