BLK Cakraningrat Senilai Rp10 Miliar Diresmikan Pj Bupati Dedi Supandi

BLK Cakraningrat Senilai Rp10 Miliar Diresmikan Pj Bupati Dedi Supandi

PELATIHAN MENJAHIT: Pj Bupati Majalengka hadir dalam peresmian BLK dan Job Fair yang dilaksanakan pada Selasa (24/9).-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di kawasan Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) di Kelurahan Cikasarung, Kecamatan Majalengka.

BLK tersebut dinamakan BLK Cakraningrat dan memiliki enam ruang kelas untuk pelatihan keterampilan.
Dalam acara tersebut, Dedi didampingi sejumlah pejabat dan tamu undangan, terlihat meninjau pelatihan keterampilan menjahit yang baru dimulai dan diikuti oleh 60 peserta.

Ia turut menyemangati para peserta pelatihan menjahit yang akan berlangsung selama enam hari, serta menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Dedi menjelaskan bahwa BLK Cakraningrat adalah yang pertama di Kabupaten Majalengka, karena daerah ini belum memiliki pusat pelatihan keterampilan yang disediakan oleh pemerintah.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Polres Majalengka Amankan Upal Rp2,4 M

"Ada pelatihan menjahit yang dimulai bersamaan dengan peresmian BLK ini," kata Dedi Supandi setelah acara peresmian di kawasan SIKIM, Selasa (24/9).

Saat ini, BLK Cakraningrat menggunakan tiga ruang untuk pelatihan menjahit, sementara tiga ruang lainnya sedang disiapkan untuk pelatihan tata boga dan perbengkelan.

Ia menyebutkan bahwa seluruh sarana dan prasarana pelatihan di BLK Cakraningrat telah tersedia berkat bantuan Pemprov Jawa Barat senilai Rp10 miliar.

"Lulusan dari BLK Cakraningrat ini akan direkrut langsung menjadi karyawan di sejumlah perusahaan di Kabupaten Majalengka, dan sebagian didorong untuk berwirausaha," ujar Dedi.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Upayakan Perwujudan RDTR dengan Menekan Pelanggaran Pemanfaatan Ruang

Dedi menjelaskan bahwa nama BLK Cakraningrat diambil dari nama raja kerajaan Galuh, Prabu Cakraningrat, yang pernah berkuasa di Majalengka pada zaman dahulu.

Ia menekankan bahwa Majalengka memiliki sejarah panjang terkait kerajaan yang pernah ada, dan nama-nama tersebut kini diabadikan dalam berbagai tempat.

"Di Majalengka sudah ada Gedung Sindangkasih, Gedung Nyi Rambut Kasih, GGM Talaga Manggung, dan sekarang BLK Cakraningrat," kata Dedi Supandi.

Dalam agenda tersebut, Dedi juga mempersilakan perusahaan di Kabupaten Majalengka untuk membuka kelas pelatihan di BLK Cakraningrat yang baru diresmikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: