Kembangkan Wisata Curug Gelong di Desa Gumulung Lebak, Mahasiswa KKN-T Unma Buat Inovasi Ramah Lingkungan

Kembangkan Wisata Curug Gelong di Desa Gumulung Lebak, Mahasiswa KKN-T Unma Buat Inovasi Ramah Lingkungan

Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T), Universitas Majalengka (Unma) melakukan sebuah terobosan atau inovasi pengembangan wisata alam di Desa Gumulung Lebak kecamatan Greged Kabupaten Cirebon--

Melalui observasi lapangan para mahasiswa itu dilaksanakan pembuatan mapping area, serta merancang konsep fasilitas wisata yang ramah lingkungan dan menarik untuk pengunjung. 

 

Desain tersebut akan memperhatikan keunikan alam sekitar, dengan fasilitas yang melengkapi keindahan Curug Gelong.

 

Sekretaris desa (Sekdes) Gumulung Lebak Lubis mengungkapkan di desa Gumulung Lebak ini ada potensi wisata. Pihaknya berharap dengan adanya mahasiswa KKN-T Unma bisa memberikan inovasi/gagasan untuk potensi wisata di Gumulung Lebak.

 

"Tentu kami sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN-T Unma ini karena bisa membuat sektor wisata di desa kami terus ditingkatkan," ungkap sekdes.

 

Sementara itu, Zahran Ditra Fadillah mendesign fasilitas Curug Gelong di Desa Gumulung Lebak mengaku fasilitas di Curug Gelong harus berkonsep menyatu dengan alam.

 

"Konsep menyatu dengan alam itu tentunya menjaga keaslian dan keindahan lingkungan sekitar, makannya design yang dibuat itu bernuansa alam," tandas Zahran.

 

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Yayah Nurhidayah menjelaskan kegiatan inovasi pengembangan wisata ini merupakan kontribusi mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) guna mendukung peningkatan potensi wisata lokal agar memiliki daya saing tinggi.

 

"Ini salah satu bentuk pengabdian dan pemikiran kolaboratif mahasiswa yang diharapkan dapat menjadi titik awal bagi para pelaku wisata di wilayah Gumulung Lebak untuk lebih aktif memanfaatkan potensi wisatanya," tandas Yayah. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: