Harga Tembakau di Pasaran Naik

Harga Tembakau di Pasaran Naik

PETANI SENANG: Biasanya tembakau dijual seharga Rp25 ribu per sasag, kini mencapai Rp40 ribu per sasag atau Rp600 ribu untuk 20 sasag per kodi.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Petani tembakau di Kabupaten Majalengka sumringah karena harga tembakau di pasaran mengalami kenaikan pada musim panen tahun ini.

Penghasil tembakau yang berada di Kecamatan Bantarujeg dan Lemahsugih mengalami peningkatan harga pada musim panen 2024.

Menurut Didin Saepudin (45), Ketua Kelompok Tani Sari Mukti Desa Babakansari, Kecamatan Bantarujeg, yang dijumpai pada Kamis (1/8), harga tembakau saat ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Biasanya tembakau dijual seharga Rp25 ribu per sasag, kini mencapai Rp40 ribu per sasag atau Rp600 ribu untuk 20 sasag per kodi,” ujarnya.

BACA JUGA:Eman Kalahkan Karna, Hasil Suvei Paling Tinggi Mencapai 37,4 Persen

Didin menambahkan bahwa aktivitas penjualan sangat bergantung pada kondisi barang. Barang yang berkualitas bagus memiliki harga yang lebih tinggi.

“Tembakau yang sudah diolah dan siap saji tidak sulit untuk dijual karena banyak bandar di daerah ini. Kami hanya perlu mencari bandar yang bersedia membayar harga tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Bantarujeg, H Agus Heriyanto, menambahkan bahwa di Kecamatan Bantarujeg terdapat kurang lebih 600 hektar lahan yang ditanami tembakau.

Lahan tersebut berada di Desa Babakansari, Bantarujeg, Gununglarang, Wadowetan, Sindanghurip, dan Cipeundeuy.

BACA JUGA:SK Mutasi Bocor dan Viral, Dede: Jelang Pilkada Pj Bupati Dilarang Lakukan Mutasi

“Masyarakat petani di Kecamatan Bantarujeg memasuki musim kemarau, dari Juli hingga Agustus, mulai panen tembakau,” ujar Agus. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: