Daun Kale Dapat Menyehatkan Jantung? Simak Beberapa Manfaatnya

Daun Kale Dapat Menyehatkan Jantung? Simak Beberapa Manfaatnya

Manfaat daun kale yang bagus untuk kesehatan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Daun kale merupakan salah satu sayuran yang berasal dari keluarga kubis, bersama dengan brokoli, kembang kol, dan sawi. Makanan yang dijuluki super food dan Makanan nabati paling bergizi ini memiliki segudang manfaat yang tak perlu diragukan lagi. Ada banyak jenis kale, termasuk kailan atau kale cina, tapi yang paling sering ditemui pada Makanan adalah jenis kale berdaun keriting, berwarna hijau gelap, serta memiliki batang yang keras dan berserat. Mengingat banyaknya kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya, tak heran jika daun kale disebut sebagai salah satu Makanan padat nutrisi yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat daun kale yang bisa Anda peroleh:

BACA JUGA:Bayer Leverkusen Sukses Kawinkan Dua Gelar Juara, Bundesliga dan Piala DFB, Xabi Alonso: Saya Bangga

1. Mencegah diabetes

Kandungan mangan dan magnesium pada daun kale diketahui mampu mengurangi risiko resistensi insulin. Hal ini membuat gula darah lebih mudah terkontrol, sehingga risiko Anda untuk terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung akan lebih rendah.

2. Melawan penyakit kanker

Daun kale memiliki potensi sebagai antikanker yang baik. Manfaat kale ini didapat dari kumpulan senyawa bioaktif di dalamnya yang terbukti dapat meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dan melindungi sel dari kerusakan DNA, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Terlebih lagi, kandungan vitamin C pada daun kale yang melimpah juga dapat mengurangi peradangan, memperkuat sistem kekebalan, dan mencegah bahaya oksidasi dalam tubuh. Khasiat ini juga dapat berkontribusi dalam melindungi tubuh Anda dari penyakit kanker.

3. Mendukung kerja sistem pembekuan darah

Daun kale merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin ini memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Jika proses ini terganggu, tubuh bisa mengalami perdarahan berlebih.

4. Menyehatkan jantung

Daun kale bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi Anda yang menderita atau ingin mencegah penyakit jantung. Pasalnya, daun kale mengandung berbagai zat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah, sekaligus mampu membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri.

BACA JUGA:Apakah Cirebon Masuk Kawasan Gunung Ciremai? Berikut 14 Fakta Infografis Gunung Ciremai.

5. Menjaga kesehatan mata

Gangguan pada penglihatan merupakan salah satu tanda penuaan yang tak bisa dipungkiri. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi daun kale. Demikian manfaat daun kale yang menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: