Tips Merawat Sepeda Listrik Agar Tetap Nyaman Digunakan

Tips Merawat Sepeda Listrik Agar Tetap Nyaman Digunakan

Sepeda listrik -Radarmajalengka.com-Genio bike - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Sepeda listrik memiliki komponen yang khusus yang tidak ada pada sepeda biasa yakni baterai dan motor listrik. Oleh karena itu sepeda listrik membutuhkan perawatan lebih ekstra dan lebih rutin dari sepeda biasa. Selain itu cara merawatnya pun sedikit berbeda dari sepeda nonelektrik. Nah, berikut beberapa tips merawat sepeda listrik yang bisa kamu coba di rumah.

BACA JUGA:6 Teknologi GAC Aion Bersaing di Indonesia, Pantas Jadi Mobil Listrik Kedua Terlaris di China

Berikut ini langkah-langkah yang harus di perhatikan:

1.Cek Rantai Sepeda

Pada sepeda komponen rantai adalah komponen yang harus diperhatikan. Karena rantai menghubungkan mesin motor dengan roda belakang, khususnya pada sepeda listrik yang menggunakan mesin motor mid-drive. Agar awet pesepeda bisa memilih pelumas kering atau basah untuk melumasi rantai sepeda, apa bedanya?

BACA JUGA:4 Model GAC Aion Resmi Masuk Indonesia, Siap Gempur Pasar Mobil Listrik Indonesia

Pelumas basah umumnya bertahan lebih lama, bahkan saat bersepeda dalam kondisi buruk sementara pelumas kering tidak memiliki ketahanan seperti pelumas basah, tetapi cenderung meninggalkan hasil lebih bersih.

Pengecekan rantai juga harus rutin dilakukan untuk melihat apakah rantai melar atau tidak, hal ini dilakukan karena rantai sepeda listrik dilewati tegangan dua kali lebih besar dibanding sepeda non-elektrik. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan menggunakan checker rantai sepeda. Checker rantai sepeda adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kelayakan kondisi rantai.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Sepeda Listrik 2024 Sangat Cocok Untuk Aktivitas Tanpa Capek

2.Tekanan Ban Harus Dijaga

Ban pada sepeda listrik perlu diperhatikan karena tekanan ban bisa berdampak pada konsumsi baterai dimana semakin lunak baterai sepeda, semakin berat juga gerak sepeda. Jika tekanan ban kurang optimal maka sepeda juga jadi lebih sulit dikendalikan, khususnya ketika dibawa ke medan yang sulit.

Ban yang terisi cukup udara juga berperforma lebih baik saat melakukan pengereman. Pastikan saat memompa ban sepeda listrik, kamu juga harus memperhatikan PSI yang terdapat pada ban ya. Untuk kamu yang lagi cari pompa lantai yang sudah dilengkapi dengan gauge atau alat ukur, kami rekomendasikan pompa Polygon Pompa Lantai STX.

BACA JUGA:Ketahui 10 Sifat Zodiak Gemini yang Membuat Mereka Sangat Menarik

3.Cas Baterai Sepeda Listrik Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com