Sunah-Sunah Rasulullah SAW Di Malam Jum’at, SIMAK ULASANNYA!

Sunah-Sunah Rasulullah SAW Di Malam Jum’at, SIMAK ULASANNYA!

Sunah-Sunah Rasulullah SAW Di Malam Jum’at, SIMAK ULASANNYA!-pinterest - tangkapan layar -Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Malam Jum'at memiliki makna yang mendalam bagi umat Islam. Selain merupakan awal dari hari Jum'at, hari yang di dalamnya terdapat waktu yang istimewa untuk berdoa, malam ini juga dipenuhi dengan keberkahan dan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Dalam tradisi Islam, terdapat beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di malam Jum'at, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai praktik-praktik sunnah Rasullullah di malam jum’at ini.

 1. Sholat Sunnah Malam Jum'at

Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya melaksanakan sholat sunnah pada malam Jum'at. Beliau bersabda, "Hendaklah salah seorang di antara kamu mengambil wudhu pada malam Jum'at dan berharap kepada Allah segala kebaikan yang dia kehendaki. Kemudian hendaklah dia sholat (malamnya)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sholat sunnah malam Jum'at bisa dilakukan sebelum atau sesudah sholat Jum'at. Ini adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa, beristighfar, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Mengkonsumsi Nanas Sering Buat Gatal? Ini Manfaat dan Cara Konsumsi Nanas Yang Baik dan Benar

 2. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jum'at merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An-Nasa'i dan Al-Hakim)

Surat Al-Kahfi mengandung banyak pelajaran dan hikmah yang bisa diambil untuk memperkuat iman dan keteguhan hati. Membaca surat ini pada malam Jum'at menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk mendapatkan berkah dan perlindungan dari Allah SWT.

 3. Mengirim Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Malam Jum'at juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah mengucapkan shalawat kepadaku pada hari Jum'at dan pada malam dan siang Jum'at, karena shalawatmu akan disampaikan kepadaku." (HR. Tirmidzi)

Dengan mengirimkan shalawat kepada Nabi, kita tidak hanya mengikuti sunnah beliau, tetapi juga mendapatkan pahala yang besar dan mendekatkan diri kepada beliau.

BACA JUGA:Inilah Internet Starlink, Jaringan Cepat Jalur Langit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: