Kini Anda Bisa Mengolah Daun Kelor untuk Kesehatan dengan 5 Cara Ini, Yuk Simak Langkah-langkahnya Disini!

Kini Anda Bisa Mengolah Daun Kelor untuk Kesehatan dengan 5 Cara Ini, Yuk Simak Langkah-langkahnya Disini!

Gambar Daun Kelor. -Wikipedia-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tahukah Anda bahwa daun satu ini yang mudah ditemukan di pasar, bahkan bisa Anda tanam sendiri bibit nya memiliki banyak manfaat, nama daun ini adalah daun kelor.

Daun kelor merupakan tumbuhan dari Kerajaan Plantae dan memiliki Nama Ilmiah Moringa Oleifera, daun kelor juga punya dikenal dengan banyak nama seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish, dan Malunggay di Filipina. 

Manfaat daun kelor sendiri banyak sekali, baik untuk manfaat kesehatan seperti dapat menjaga kadar gula darah, meredakan peradangan, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang. Karena daun kelor memiliki khasiat seperti kandungan yang terdapat di dalamnya berupa kalsium yang cocok untuk menguatkan tulang, fosfor, vitamin c, vitamin a, dan senyawa aktif asam amino, karotenoid, dan masih banyak lagi. 

Intinya daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang terkandung di dalamnya, dan jika Anda ingin mendapatkan khasiat kesehatan dari daun kelor, maka alangkah baiknya mengolah daun kelor secara tepat, agar hasil yang didapat bisa berdampak pada kesehatan Anda, maka dari itu pada artikel berikut ini akan membahas mengenai 5 cara mengolah daun kelor untuk kesehatan, tenang kini Anda bisa mengolahnya, yuk perhatikan step by step nya disini.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Bahwa Daun Kelor Bisa Menambahkan Cadangan Devisa Negara Lho

1. Bersihkan Daun Kelor Sebelum Mengolah

Membersihkan daun kelor sebelum diolah, merupakan langkah yang esensial, jadi jangan sampai Anda lewatkan. Pastikan Anda mencuci daun kelor sampai dirasakan bersih. Dengan mencuci daun kelor sebelum diolah maka akan membantu untuk menghilangkan kotoran yang sebelumnya menempel di daun. Daun kelor yang bersih dapat menjadi kunci pengolahan yang benar dan tepat untuk kesehatan Anda.

2. Pakai Minyak Sehat saat Mengolah

Penggunaan minyak sehat pada saat mengolah daun kelor juga sama pentingnya, langkah ini disarankan karena minyak sehat tak akan membuat khasiat dan nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor jadi hilang, minyak sehat bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun atau minyak alpukat. Cara mengolah menggunakan minyak sehat seperti ini cukup ditumis sesuai selera Anda. 

BACA JUGA:Jusuf Kalla Beri Respons Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, Kata JK: Belasungkawa Sedalam-dalamnya

3. Campur daun kelor dengan bahan makanan sehat 

Jika Anda ingin merasakan khasiat daun kelor, Anda juga bisa melakukannya dengan langkah memadukan atau mencampurkan daun kelor dengan bahan makanan sehat lainnya seperti seperti telur, ikan, cumi, udang, wortel, buncis, atau brokoli. Kombinasi ini tidak hanya meningkatkan nilai nutrisi, tetapi cocok bagi Anda yang ingin menjalani hidup dengan menyantap makanan sehat. 

4. Menyimpan daun kelor secara benar

Jika Anda ingin mengolah daun kelor, maka faktor menyimpan daun kelor juga harus Anda perhatikan. Anda perlu menyimpan daun kelor secara benar supaya daun kelor bisa tetap segar dan tidak layu, Anda bisa menyimpannya di kulkas agar daun kelor tetap segar dan tahan lama, jika daun kelor kering bisa Anda simpan hanya memanfaatkan suhu ruangan, agar daun kelor tetap baik untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: