Sama Namun Berbeda, Ini Dia Perbedaan Dari Mentega dan Margarin Yang Jarang Diketahui

Sama Namun Berbeda, Ini Dia Perbedaan Dari Mentega dan Margarin Yang Jarang Diketahui

Perbedaan mentega dan margarin -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Margarin adalah produk yang dibuat dari olahan minyak nabati. Sementara itu, mentega (butter) adalah produk yang dibuat dari bahan dasar susu. Agar tidak salah dalam menggunakannya, ketahui lebih dulu beda Margarin dan mentega di bawah ini. Anda dapat membedakan Margarin dan mentega berdasarkan beberapa ciri-ciri berikut ini:

1. Nutrisi

Margarin dan mentega sama-sama mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, fosfor, dan kolin, dalam jumlah yang bervariasi. Vitamin dan mineral lainnya juga mungkin ditambahkan untuk memperkaya nutrisinya.

Namun, beda margarin dan mentega terletak pada jenis lemaknya. Margarin mengandung lemak tak jenuh ganda (lemak baik). Akan tetapi, margarin juga dapat mengandung lemak trans akibat dari proses pemadatan bahan dasarnya. Sementara itu, mentega mengandung lemak jenuh tunggal dan ganda, serta kolesterol alami.

BACA JUGA:Sama Namun Berbeda, Ini Dia Perbedaan Dari Mentega dan Margarin Yang Jarang Diketahui

2. Bahan baku

Bahan baku yang digunakan untuk membuat margarin dan mentega tidaklah sama. Margarin dibuat dari minyak nabati, seperti kelapa sawit, kanola, kedelai, bunga matahari, atau safflower, yang diolah dengan air, zat aditif, dan pewarna makanan.

Sementara itu, mentega umumnya dibuat dari bahan dasar susu sapi. Beberapa produk mentega juga diolah dari susu kambing, domba, atau kerbau.

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Buah Angkung Yang Jarang Diketahui Namun Baik Untuk Tubuh

3. Kegunaan

Margarin cocok dijadikan sebagai bahan olesan roti karena mengandung lebih banyak air. Jika Anda ingin membuat kue basah atau bolu, penggunaan margarin akan membuat kue mengembang dengan baik dan bertekstur lembut. Margarin juga kerap digunakan sebagai pengganti mentega dalam memasak.

Sementara itu, mentega sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kue kering karena bisa menghasilkan kue yang renyah dan gurih. Mentega juga biasanya digunakan untuk memanggang steak, menumis sayuran, atau metode memasak lainnya karena dapat memberikan cita rasa yang khas.

BACA JUGA:Anda Mengalami Darah Tinggi? Berikut Beberapa Jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi

4. Proses pembuatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: