Mengenal UI dan UX Designer, Penjelasan Singkat Mengenai Keduanya.

Mengenal UI dan UX Designer, Penjelasan Singkat Mengenai Keduanya.

mengenal UI dan UX Designer-Herciodigital -tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kehidupan yang mengharuskan kita berinteraksi dengan berbagai orang sudah semakin dipermudah dengan adanya teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan kita harus mulai terbiasa dengan berbagai produk digital yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti media sosial, e-commerce dan lainnya.

Namun tahukah anda dibalik kemudahan teknologi yang kita rasakan sekarang itu tidak terlepas dari orang-orang hebat yang merancang dan membuat segala platform digital yang kita gunakan sekarang. Salah satu peran penting yang jarang orang tahu adalah UI dan UX designer, apa itu UI dan UX designer simak penjelasnya berikut ini.

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop ASUS Rp 4 Jutaan yang Ramah Kantong Untuk Pekerja Hingga Pelajar

Dalam artikel ini kita akan berusaha mengenal tentang UI dan UX Designer, Simak lengkapnya.

1. UI (User Interface)

Melansir dari Wikipedia UI (User Interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan. Singkatnya UI adalah tampilan sebuah web atau aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari secara langsung seperti fitur-fitur dalam aplikasi yang kita gunakan.

Contoh dari UI : Membuat Fitur-fitur, tata letak, font, colors, visual design dalam sebuah aplikasi seperti Shopee, dana, atau WhatsApp bisa juga sebuah website. Fitur-fitur yang kita gunakan sehari-hari dalam sebuah aplikasi itu disusun oleh UI Designer.

BACA JUGA:5 Manfaat dan Risiko Investasi di Cryptocurrency

2. UX (User Experience)

Semantara UX (User Experience) atau Pengalaman pengguna adalah bagaimana cara seseorang merasakan ketika menggunakan sebuah produk, sistem, atau jasa. Sederhananya adalah UX merupakan sebuah riset yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengguna dalam sebuah aplikasi, UX nantinya akan mengutarakan ide dari risetnya untuk dijadikan sebuah aplikasi atau web oleh UI.

Contoh dari UX Designer : Riset pengguna, riset pengalaman pengguna, design dan ide untuk menciptakan sebuah aplikasi, ide tersebut nantinya akan di eksekusi oleh UI dedigner.

BACA JUGA:Disiplin Dalam Olahraga Bukan Hanya Sekadar Disiplin Dalam Latihan, Perhatikan Aspek-Aspek Berikut!

Singkatnya, UI designer bertanggung jawab atas estetika dan desain interaktif produk, sementara UX designer bertanggung jawab atas pengalaman dan kepuasan pengguna selama menggunakan produk. Kedua peran ini sering bekerja sama untuk memastikan produk tidak hanya terlihat bagus tetapi juga berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.

BACA JUGA:Memahami dan Mengatur Prioritas, Kunci Efektivitas dan Produktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: