Warga Puspa Indah Cigasong Pilih RT

Warga Puspa Indah Cigasong Pilih RT

DEMOKRATIS: Warga Puspa Indah, Cigasong menggelar pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) di RT 22/RW 02.-Almuaras-Radarkuningan.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Warga Puspa Indah, Cigasong, antusias dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) di RT 22/RW 02.  Untuk kali pertama, pemilihan ini dilakukan secara demokratis.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh warga yang memenuhi syarat untuk memberikan suara.
Pelaksanaannya berlangsung di halaman Masjid Raudhatul Jannah, Komplek Puspa Indah, Cigasong, pada Minggu (19/5).

Ketua panitia pemilihan RT 22/RW 02 Kelurahan Cigasong, H Sumartono SKM MKM mengungkapkan bahwa ada tiga calon Ketua RT 22 yang bersaing adalah Yayan Meiyanto (nomor 1), H. Rahmat Hidayat (H. Dodo) (nomor 2), dan Maman Sukirman (nomor 3).

"Sebanyak 200 pemilih berhak memberikan suara dengan syarat usia minimal 17 tahun, dimulai dari pukul 08:00 hingga 12:00 siang," ujar Sumartono yang aminkan oleh Sekretaris Dadan Daniswan, SE MSi.

BACA JUGA:Motor Ringsek Dijadikan Monumen Peringatan Kecelakaan

Sumartono berharap bahwa dengan pemilihan yang demokratis, ketua RT terpilih akan memiliki legitimasi yang kuat dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Setelah pemilihan Ketua RT, warga akan berkumpul untuk merancang program kerja yang akan dilaksanakan oleh Ketua RT 22/RW 02 terpilih.

“Bagi yang tidak terpilih, diharapkan tetap mendukung program kerja Ketua RT yang terpilih," tambahnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Drs H Edy Annas Djunaedi MM, sangat mengapresiasi pemilihan Ketua RT yang dilakukan oleh warga secara langsung, bebas, dan rahasia.

Menurut Edy Annas, selama ini pemilihan Ketua RT di lingkungan RT 22/RW 02 hanya dilakukan oleh beberapa orang atau ditunjuk oleh kades/lurah.

BACA JUGA:Dukung Eman, Hj Yosa Suarakan Warga Kawunghilir

"Ketika ketua RT sebelumnya, Neneng, pindah dan habis masa jabatannya, warga berkumpul untuk menyelenggarakan pemilihan secara demokratis. Pemilihan RT 22/RW 02 bisa menjadi model yang baik untuk menghasilkan Ketua RT yang lebih baik dan bertanggung jawab," kata pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, diiyakan tokoh masyarakat lainnya, Drs H Wawan Gunawan MM.

Dari pantauan Radar kemarin, proses pemilihan Ketua RT 22/RW 02 disaksikan oleh Lurah Cigasong, Sugiono, bersama Muspika Cigasong.

Setiap warga yang telah memberikan suara mendapatkan snack gratis dari panitia.

"Dana untuk penyelenggaraan pemilihan berasal dari swadaya masyarakat dan calon, tidak ada biaya tambahan, termasuk baligo juga disediakan oleh panitia," tambah Edy Annas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: