Fresh Graduate Wajib Tau! Ini Bedanya Hardskill dan Softskill Yang Kadang Buat Orang Keliru

Fresh Graduate Wajib Tau! Ini Bedanya Hardskill dan Softskill Yang Kadang Buat Orang Keliru

Fresh Graduate Wajib Tau! Ini Bedanya Hardskill dan Softskill Yang Kadang Buat Orang Keliru -pinterest - tangkapan layar -Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Dalam dunia kerja, sering kali kita mendengar tentang istilah "hardskill" dan "soft skill". 

Kedua jenis keterampilan ini penting untuk kesuksesan di tempat kerja, namun mereka berbeda dalam sifat dan cara mereka diajarkan serta diperoleh. 

Tapi kadang bagi mereka yang baru lulus atau fresh graduate dan belum mengenal dunia kerja secara detail, definisi hard skill dan soft skill acap kali menjadi pertanyaan yang membingungkan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara hard skill dan soft skill serta pentingnya keduanya dalam karier seseorang.

BACA JUGA:Yuk Kenali Daun Mengkudu Yang Kaya Akan Manfaat

Definisi Hard skill

Hardskill merujuk pada keterampilan konkret dan terukur yang dapat diajarkan dan diukur secara langsung. 

Keterampilan ini seringkali berkaitan dengan pengetahuan teknis, keahlian khusus, atau kemampuan praktis yang spesifik untuk suatu pekerjaan atau industri tertentu. 

Contoh hardskill termasuk kemampuan pemrograman komputer, penggunaan perangkat lunak khusus, bahasa pemrograman, atau keahlian dalam mengoperasikan peralatan tertentu.

BACA JUGA:7+ Pertanyaan Tentang Pengaruh Tekanan Pekerjaan terhadap Kesehatan Mental Karyawan

Definisi Soft Skill

Soft skill, di sisi lain, merujuk pada keterampilan yang lebih abstrak dan sulit diukur, yang berkaitan dengan kepribadian, perilaku, dan interaksi sosial seseorang. 

Keterampilan ini seringkali tidak terkait secara langsung dengan pekerjaan tertentu, tetapi sangat penting untuk berkolaborasi dengan baik, berkomunikasi efektif, dan berhasil di lingkungan kerja.

 Contoh soft skill termasuk kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, kreativitas, dan ketangguhan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: