Anda Sulit Untuk Tidur? Berikut Beberapa Cara Alami Untuk Mengatasinya

Anda Sulit Untuk Tidur? Berikut Beberapa Cara Alami Untuk Mengatasinya

Cara alami mengatasi insomnia -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Insomnia adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau tidak bisa tidur sama sekali, meski memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat. Insomnia yang terjadi sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, bila telah berlangsung lama, kondisi tersebut tentu perlu diwaspadai. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas. Bila Anda sering mengalami Insomnia, ada beberapa tips dan cara mengatasi Insomnia yang bisa dicoba, antara lain:

1. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar Anda tidak terjaga sepanjang malam.

BACA JUGA:Simak 5 Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

2. Luangkan waktu untuk relaksasi

Anda bisa mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda pun akan mudah terlelap.

3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur. Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat Anda lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. Agar lebih sehat, Anda dapat menggantinya dengan susu atau air putih.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Buah Pinang Yang Jarang Diketahui Namun Bagus Untuk Tubuh

4. Usahakan untuk terus berpikir positif

Insomnia bisa lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran bisa lebih tenang. Anda pun bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

BACA JUGA:PSG VS Toulouse: Mbappe cs Kalah Usai Ditekuk 1-3, Laga ini Merupakan Laga Kandang Terakhir Mbappe

5. Konsumsi makanan sehat

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat. Itulah cara mengatasi insomnia secara alami, bagi Anda yang mengalami insomnia silahkan coba cara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: