Ingin Melancarkan BAB? Berikut Deretan Buah Yang Dapat Melancarkan BAB

Ingin Melancarkan BAB? Berikut Deretan Buah Yang Dapat Melancarkan BAB

Buah pelancar BAB, salah satunya pepaya-Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah pelancar BAB umumnya adalah buah yang mengandung banyak serat dan air. Soalnya, kedua kandungan ini bisa melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi Buah pelancar BAB, masalah pencernaan seperti sembelit pun bisa dicegah. Susah buang air besar (BAB) bisa membuat perut terasa penuh, kembung, dan tidak nyaman. Selain itu, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa sakit saat BAB dan ada sensasi mengganjal setelah BAB.  Nah, untuk memenuhi kebutuhan serat sekaligus untuk mencegah dan mengatasi sembelit, anda bisa mengonsumsi berbagai pilihan Buah pelancar BAB di bawah ini:

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah pelancar BAB yang cukup serbaguna. Soalnya, buah ini bisa diolah dan ditambahkan ke berbagai makanan, mulai dari jus, alpukat kerok, es teler, salad, hingga sushi. Kandungan serat di dalam alpukat pun banyak, yakni mencapai 8 gram dalam 1 buahnya. Itulah sebabnya, buah ini ampuh mengusir sembelit.

BACA JUGA:5 Alasan Solo Leveling Jadi Anime yang Worth It Buat Ditonton, Wibu Wajib Tau Nih!

2. Pisang

Pisang terkenal sebagai salah satu buah yang tinggi serat sehingga bisa mengatasi susah BAB. Hal ini memang benar karena 1 buah pisang saja sudah mengandung sekitar 3 gram serat. Selain itu, buah pelancar BAB ini juga mengandung inulin, yakni prebiotik yang bisa meningkatkan kadar bakteri baik dalam usus sehingga pencernaan bisa menjadi lebih lancar.

3. Pepaya

Pepaya mengandung serat yang cukup banyak. Dalam 1 mangkuk (145 gram) pepaya, terdapat setidaknya 2,5 gram serat. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membuatmu jadi lebih mudah BAB.

BACA JUGA:AKHIRNYA! Laga Playoff Indonesia VS Guinea U-23 Disiarkan di TV Nasional, Berikut Jadwalnya Disini

4. Pir

Pir mengandung banyak serat dan air sehingga termasuk salah satu buah pelancar BAB yang ampuh. Ada sekitar 5 gram serat dan air yang bisa mengusir sembelit dalam 1 buah pir. Pir juga mengandung jenis serat pektin yang berfungsi sebagai  pelancar alami. Bukan cuma itu, pir juga mengandung sorbitol dan fruktosa, yakni jenis gula yang bisa menarik air ke dalam usus dan melancarkan proses pencernaan.

BACA JUGA:Apa Itu Program Rutilahu ? Berikut Penjelasan Serta Manfaat dan Tujuan

5. Apel

Serupa dengan pir, apel juga merupakan buah pelancar BAB yang kaya akan serat, termasuk pektin yang merupakan pencahar alami. Kadar serat dalam 1 buah apel bisa mencapai 3 gram, sehingga bisa menambah asupan serat harian dan melancarkan BAB. Itulah berbagai buah pelancar BAB yang bisa kamu coba untuk mengatasi sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: