3 Jenis Ular Berbisa yang Ada di Indonesia, Wajib Kalian Hindari

3 Jenis Ular Berbisa yang Ada di Indonesia, Wajib Kalian Hindari

Ular kobra -Radarmajalengka.com-CNN Indonesia - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM -  Kita perlu mengetahui jenis ular berbisa apa saja yang ada di Indonesia agar bisa mengidentifikasi bahaya saat menemui hewan melata ini. Apalagi ketika musim hujan akan tiba yang menjadi waktu bagi telur ular menetas dan ular keluar dari sarangnya.

Perlu diketahui bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya akan flora dan fauna memiliki 450 spesies ular. Jumlah tersebut terbagi atas ular berbisa dan tidak bebisa yang bisa dijumpai di hutan, semak-semak, ladang, sawah, daerah lembap, hingga rumah.

Supaya kita lebih waspada dengan lingkungan sekitar, berikut sepuluh jenis ular berbisa yang bisa ditemui di Indonesia. Berikut 3 ular berbisa yang berbahaya:

BACA JUGA:Ternyata! Ada 3 jenis Harimau Asli Indonesia, 2 diantaranya Sudah Punah

1.Ular Kobra

Panjang ular kobra bisa mencapai enam meter dan menjadi ular berbisa dengan jumlah terbesar di dunia. Untuk diketahui, ular kobra sebenarnya punya sifat pemalu sehingga memilih menghindari kontak dengan manusia. 

Sebenarnya ada banyak jenis ular kobra. Namun yang banyak ditemukan di Indonesia adalah kobra penyembur (spitting cobra), kobra sumatra, dan king kobra. Dalam hal ini ular kobra dapat ditemui di lahan pertanian, hutan bakau, hingga pemukiman. Kita ada baiknya tidak bermain-main dengan ular kobra lantaran satu gigitannya dapat membunuh sepuluh orang.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Contoh-Contoh Hewan yang Harus Dilindungi, Salah Satunya Hampir Punah

2.Ular Sendok Jawa

Ular sendok jawa adalah ular kobra Jawa alias kobra penyembur atau Naja sputatrix. Ini adalah jenis ular dengan bisa berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Ular tersebut dapat melakukan penyerangan dengan cara menunjukkan kerudungnya, mendesis, dan menyemburkan bisa dari jarak jauh. 

Racun ular sendok jawa patut diwaspadai apabila ular jenis ini sampai menggigit. Tidak menutup kemungkinan ular sendok jawa menyemburkan bisa ke mata yang bisa menyebabkan luka permanen hingga kebutaan.

BACA JUGA:4+ Rekomendasi Sabun Muka Wanita Terbaik, Ditinjau Langsung oleh Dermatovenereologist

3. Ular Welang

Ular welang punya pola gelang hitam-putih atau hitam-kuning yang menyelimuti sisi atas, samping, dan perut. Ular yang persebarannya di Jawa, Kalimantan, Mentawai, Natuna, Sumatra, dan Ambon itu dapat tinggal di hutan, rawa-rawa, bakau, termasuk sawah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com