Wajib Tahu! Contoh-Contoh Hewan yang Harus Dilindungi, Salah Satunya Hampir Punah

Wajib Tahu! Contoh-Contoh Hewan yang Harus Dilindungi, Salah Satunya Hampir Punah

Harimau sumatera -Radarmajalengka.com-Lintaspena.com

RADARMAJALENGKA.COMFauna yang dimiliki oleh Indonesia merupakan aset kekayaan alam luar biasa yang harus dilindungi. Apalagi hewan langka yang ada di Indonesia jenisnya beragam.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, baik flora maupun fauna. Namun, kebanyakan hewan langka yang ada di Indonesia tersebut sudah terancam punah. Jumlahnya yang tak banyak, menjadikan hewan langka tersebut harus dilindungi pemerintah.

Hal tersebut sebagai upaya untuk melestarikan keberlangsungan hewan langka yang ada. Selain itu, agar hewan langka tersebut tidak diperjualbelikan secara bebas.

BACA JUGA:4+ Rekomendasi Sabun Muka Wanita Terbaik, Ditinjau Langsung oleh Dermatovenereologist

Dalam undang-undang sudah diatur mengenai larangan, baik memperjualbelikan satwa yang dilindungi maupun memelihara atau memiliki satwa langka yang dilindungi tersebut.

Jadi, dalam undang-undang No.5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, Bab V Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, pasal 21 ayat (2) menyebutkan bahwa setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

Berikut ini dia hewan-hewan yang harus dilindungi 

BACA JUGA:4+ Rekomendasi Sabun Muka Wanita Terbaik, Ditinjau Langsung oleh Dermatovenereologist

1. Harimau Sumatra

Harimau sumatra merupakan jenis harimau terakhir yang ada di Indonesia. Harimau Sumatra jumlahnya makin sedikit karena terus-menerus diburu. Hal itu tidak lepas karena adanya banyak permintaan kulit harimau yang banyak.

Kulit harimau dimanfaatkan untuk keperluan seperti tas, sepatu, ataupun pakaian dan cendera mata. Hal itu akan menyebabkan harimau akan makin sedikit jumlahnya dan menjadi punah jika tidak ada solusi mengatasi perburuan tersebut.

BACA JUGA:Profil Wali Kota Muslim Sadiq Khan, Berhasil Menang Pemilu Wali Kota London Sebanyak 3 Kali

2.Orang Utan

Orang utan adalah hewan khas Indonesia yang hidup di hutan-hutan yang ada di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Jumlah orang utan di Indonesia makin sedikit. Hewan ini terancam mulai punah akibat dari aktivitas manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com