Tak Sangka! Daun Kersen Kaya Akan Manfaat Berikut Beberapa Manfaatnya

Tak Sangka! Daun Kersen Kaya Akan Manfaat Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat daun kersen bagi kesehatan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Berbicara tentang keajaiban alam Indonesia, salah satu yang tak boleh terlewat adalah manfaat daun kersen. Tanaman ini, yang juga dikenal sebagai seri atau talok, bukan hanya menjadi pemandangan biasa di pinggir jalan atau pekarangan rumah, tapi juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. daun kersen telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai bagian dari pengobatan herbal. Tidak hanya buahnya yang berwarna merah yang menarik perhatian, tapi daunnya juga kaya akan senyawa-senyawa bermanfaat. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Rebusan daun kersen secara rutin telah dikatakan memiliki efek menurunkan tekanan darah, memberikan perlindungan tambahan untuk kesehatan kardiovaskular.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Ban Motor Matic Terpercaya Dengan Kualitas Dan Ketahanannya

2. Anti Peradangan

Kandungan antiinflamasi pada kersen dapat melawan bakteri penyebab peradangan, memberikan efek positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Perlindungan Terhadap Kolesterol

Daun kersen mengandung saponin dan flavonoid, daun kersen hadir sebagai pelindung yang efektif terhadap kadar kolesterol. Konsumsi rutin daun kersen dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh, menjauhkan dari risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Dari Tanaman Okra Yang Jarang Diketahui

4. Pengontrol Gula Darah Alami

Kandungan flavonoid dan saponin dalam daun kersen berfungsi sebagai antioksidan dan bahkan dapat bertindak sebagai insulin alami. Daun kersen membantu tubuh mengontrol kadar gula darah, menjadikannya opsi yang menjanjikan untuk penderita diabetes.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Ban Tubeless untuk Motor Matic, Awet Tahan Lama Terbaru Di 2024

5. Penawar Sakit Kepala yang Mujarab

Kandungan senyawa kimia seperti tannin, saponin, flavonoid, dan polifenol dalam daun kersen memiliki sifat antikosidatif dan antimikroba yang dapat membantu meringankan sakit kepala. Itulah deretan manfaat dari daun kersen yang jarang diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: