Menguak Manfaat Yang Terkandung Dalam Air Rebusan Daun Jeruk Nipis

Menguak Manfaat Yang Terkandung Dalam Air Rebusan Daun Jeruk Nipis

Beragam manfaat dari air rebusan daun jeruk nipis -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jeruk nipis adalah varian buah jeruk kecil berwarna hijau yang tumbuh di di iklim hangat. Jeruk nipis ada yang memiliki rasa manis atau asam, tergantung varietasnya. Jeruk nipis dan bahkan daun Jeruk nipis pun telah lama dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi, tidak hanya buahnya saja, daun jeruk juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh jika diolah menjadi makanan. Salah satunya adalah aroma daun jeruk yang dapat memberikan sensasi rileks. Berikut beberapa manfaat daun jeruk untuk kesehatan tubuh

1. Merawat Kulit

Kulit jeruk yang diekstrak dan dicampur ke dalam banyak produk kosmetik dan sabun mandi dapat merawat kulit. Beberapa zat asam yang ditemukan dalam daun jeruk dapat membantu menetralkan radikal bebas, produk sampingan berbahaya dari respirasi sel yang dapat menyebabkan mutasi sel atau apoptosis, serta kanker.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Dari Tanaman Sorgum Yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Daun jeruk yang dioleskan langsung ke gusi bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang bisa menumpuk di mulut. Minyak yang diekstraksi dari kulit jeruk bila dicampurkan dengan pasta gigi dan obat kumur juga dapat mempromosikan perawatan mulut dan gusi yang lebih manjur.

3. Bahan Alami Mengusir Serangga

Kandungan citronellol dan limonene yang ditemukan dalam daun jeruk sangat tidak menarik bagi sebagian besar serangga, sehingga akan membuatnya menjauh. Mengoleskan losion yang mengandung ekstrak daun jeruk dapat membantu anda terhindar dari gigitan serangga.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Buah Bidara Yang Jarang Diketahui

4. Membersihkan Darah

Minyak daun jeruk bila dicampurkan dengan beberapa bahan tertentu dapat bersifat detoks atau penghilang racun pada darah. Campuran unik dari senyawa volatil pada daun jeruk dapat menghilangkan patogen atau agen asing di dalam darah. Senyawa ini juga memungkinkan untuk membantu hati dan sistem limfatik menyaring zat berbahaya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Beragam Manfaat Yang Terkandung Dari Jagung! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ada sejumlah komponen yang ditemukan dalam daun jeruk yang juga ditemukan dalam serai dan tumbuhan terkait. Senyawa ini diduga bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menjaga dan merangsang sistem pencernaan. Itulah beberapa manfaat yang terkandung dari daun jeruk nipis yang menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: