4 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Yang Jarang Orang Ketahui

4 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Yang Jarang Orang Ketahui

Buah manggis -Radarmajalengka.com-UMSU

RADARMAJALENGKA.COM - Garcinia Mangostana Linn atau buah manggis, merupakan tanaman tropis asli Indonesia. Pohon manggis yang tumbuh liar di Indonesia dapat mencapai tinggi lebih dari 10 meter, pohon manggis mulai berbuah setelah berusia 8-10 tahun.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini 3 Bahaya Mengkonsumsi Mi Instan Berlebihan

Buah manggis yang sudah masak dapat dikenali dari kulit manggis yang berwarna ungu kemerahan. Namun, kelebihan buah ini tidak hanya terletak pada penampilannya. Isi buah manggis, yang berwarna putih dan lembut, menyimpan sejumlah kandungan gizi yang membuatnya berharga bagi kesehatan.

BACA JUGA:3 Shampoo Anti Ketombe Terbaik untuk Pria dan, Inspirasi Dari Pakar Rambut

Manggis bukan hanya sekadar buah yang lezat, tetapi juga menyimpan sejumlah nutrisi penting. Dalam 1 mangkuk buah manggis, setara dengan 196 gram, terdapat kalori, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), mangan, tembaga, dan magnesium. Semua nutrisi ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah manggis juga diperkaya dengan senyawa antioksidan tinggi yang disebut xanthones.

Berikut ragam manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita.

BACA JUGA:3 Shampoo Anti Rontok Terbaik untuk Pria dan Wanita, Inspirasi Dari Pakar Rambut

1. Sumber Antioksidan

Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone, senyawa fitokimia dengan sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Xanthone memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dan berpotensi memperkuat sistem imun tubuh.

BACA JUGA:Rekomendasi Lirik Lagu Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024, Simak Selengkapnya

2. Menurunkan Berat Badan

Ekstrak manggis telah menunjukkan potensi dalam membantu penurunan berat badan. Kombinasi efek anti-inflamasi dan peningkatan metabolisme lemak dapat memberikan kontribusi positif pada program penurunan berat badan Anda.

BACA JUGA:Sering Jadi Chaebol di Kehidupan Nyata, Apakah Park Sung Hoon Berasal dari Keluarga Kaya?

3.Mengontrol Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com