Kilas Balik Sejarah Awal Terciptanya Hari Buruh, dan Latarbelakang Sejarah Hari Buruh di Indonesia 

Kilas Balik Sejarah Awal Terciptanya Hari Buruh, dan Latarbelakang Sejarah Hari Buruh di Indonesia 

Potret Buruh di Amerika Serikat sekitar tahun 1880 an.-Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Pada tanggal 1 Mei, seluruh dunia memperingati hari yang dikhususkan untuk merayakan Hari Buruh atau May Day, tapi tahukah Anda bahwa Hari Buruh atau May Day tidak terjadi dalam satu malam, melainkan dari beragam rangkaian peristiwa. 

Serangkaian peristiwa yang turut menyertai tercipta nya Hari Buruh ini, memiliki sejarah yang berdarah dan kelam, kilas balik awal terjadinya May Day itu dimulai pada tahun 1886 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ya, negeri paman sam itu pada tahun 1886, terjadi suatu peristiwa yang penuh kontra dan bentrokan. Peristiwa yang melatarbelakangi terciptanya Hari Buruh yaitu Peristiwa Haymarket di AS.

Di Indonesia sendiri peristiwa yang menjadi latarbelakang dari terciptanya sejarah Hari Buruh ini lahir atas ketidaksetujuan atas kesenjangan upah sebagai hak yang harus ditunaikan. Bermula dari Serikat Buruh Kung Tang Hwee di Semarang 1918, yang menyuarakan ketidaksetujuannya atas pemberian upah yang jauh dari kata layak.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai kilas balik dan sejarah awal mula terciptanya Hari Buruh atau May Day, yang bermula dari Peristiwa Haymarket di AS, serta Peristiwa Serikat Buruh Kung Tang Hwee yang menjadi latarbelakang dari terciptanya sejarah Hari Buruh di Indonesia. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini, yang bersumber dari berbagai informasi terkait yang ada.

BACA JUGA:20+ Ucapan Bahasa Inggris Happy May Day 2024, Untuk Menemani Semangat Hari Buruh, Serta Terjemahannya

Sejarah awal terciptanya Hari Buruh ini atau yang disebut sebagai May Day, memiliki kilas balik sejarah yang diawali dari Peristiwa Haymarket yang terjadi di AS tepatnya di Chicago, Illinois pada tanggal 4 Mei 1886 terjadi bentrokan yang dahsyat antara pihak kepolisian dan buruh yang berdemonstrasi, alhasil pertumpahan darah tak bisa terelakkan, maka dari itu oleh Kongres Sosialis Internasional mengisahkan peraturan terkait putusan untuk menghormati dan memperingati Hari Buruh May Day pada tanggal 1 Mei, peraturan itu disahkan oleh Kongres pada tahun 1889.

Adapun sumber lain yang mengatakan, seperti yang dilansir dari laman The Daily Star menuturkan bahwa Hari Buruh pertama di AS yang dilakukan oleh sekelompok pejabat serikat pekerja Amerika pada tanggal 5 September 1882, bukan pada bulan Mei. Lebih dari 20.000 pekerja di Kota New York frustrasi, termasuk mereka yang bekerja di sektor garmen dan kereta api, dan bahkan beberapa anak-anak, sudah muak bekerja lebih dari 12 jam per hari dalam kondisi yang membuat mereka sakit.

 BACA JUGA:Wasit VAR Asal Thailand Sivakorn Pu-Udom Trending di Twitter, Keputusan Kontroversial Jadi Sorotan!

Kilas Balik sejarah awal terciptanya Hari Buruh atau May Day di Indonesia diawali oleh gerakan Serikat Buruh Kung Tang Hwee di Semarang pada tahun 1918. Melansir dari rri.co.id, Adolf Baars, seorang tokoh sosialis dari Belanda mengungkapkan bahwa pada 1918 para buruh kala itu tidak mendapat upah yang layak. Tanah milik para buruh dijadikan perkebunan dengan harga sewa tanah yang sangat rendah dan minim. Setelah peringatan Hari Buruh pada 1 Mei 1918, akhirnya para buruh kereta api menggelar aksi mogok kerja. Imbas dari aksi tersebut, peringatan Hari Buruh di Indonesia ditiadakan pada tahun 1926. 20 tahun berlalu, pada 1 Mei 1946, Pemerintahan Kabinet Sutan Sjahrir kembali memberikan izin untuk perayaan Hari Buruh di Indonesia.

Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day ini sempat dilarang oleh pemerintah Orde Baru. Tidak hanya itu, Orde Baru juga mencoba menghapus istilah buruh dengan karyawan, di masa kepemimpinan Soeharto. Peringatan Hari Buruh Internasional kembali diizinkan setelah era reformasi. BJ Habibie sebagai presiden pertama di era reformasi melakukan ratifikasi konvensi ILO Nomor 81 tentang kebebasan berserikat bagi buruh.Kemudian lebih lanjut pada 1 Mei 2013, terjadi peristiwa sejarah hari buruh yang penting di Indonesia. Presiden SBY menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional. 

BACA JUGA:3 Keputusan Wasit yang Kontroversial Dinilai Rugikan Timnas Indonesia Saat Melawan Uzbekistan 

Demikian ulasan artikel berikut ini mengenai kilas balik sejarah dan latarbelakang terciptanya Hari Buruh atau May Day, yang diawali dari Peristiwa Haymarket di AS, hingga aksi Serikat Buruh Kung Tang Hwee di Semarang pada tahun 1918, yang tidak setuju upah nya jauh dari kata layak, yang menjadi latarbelakang dari terciptanya Hari Buruh di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: