Berikut Buah Buahan Yang Dapat Meringankan Gejala Tipes

Berikut Buah Buahan Yang Dapat Meringankan Gejala Tipes

Buah buahan untuk mengatasi tipes-Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam sistem pencernaan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Saat menderita Tipes, penderita biasanya akan mengalami muntah, diare, maupun sembelit. Akibat keluhan-keluhan tersebut, beberapa penderita Tipes bahkan juga mungkin akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berikut ini adalah jenis buah-buahan yang diketahui aman untuk dikonsumsi oleh penderita Tipes dan dapat mengatasi keluhan akibat sakit Tipes:

1. Kelapa

Minum air kelapa dapat membantu mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang akibat diare dan muntah-muntah selama sakit tipes. Hal ini karena air kelapa mengandung kalium, natrium, magnesium, dan kalsium, yang mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

BACA JUGA:Ternyata Pare Kaya Akan Manfaat Loh! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

2. Alpukat 

Salah satu buah untuk sakit tipes adalah alpukat. Buah satu ini mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat melancarkan pergerakan usus, sehingga memudahkan buang air besar, terutama pada penderita tipes yang mengalami sembelit.

3. Jeruk 

Jeruk juga termasuk buah yang tinggi kandungan air. Tak hanya itu, jeruk kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Oleh karena itu, jeruk juga dapat menjadi buah untuk sakit tipes.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kersen yang Tak Pernah Kamu Duga

4. Pisang 

Pisang juga dapat menjadi pilihan buah untuk sakit tipes. Tekstur pisang yang lembut dan lembek membuatnya mudah dicerna oleh penderita tipes. Selain itu, probiotik yang terkandung dalam pisang baik untuk sistem pencernaan dan dapat meringankan keluhan diare yang terjadi selama sakit tipes.

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Kerutan di Wajah, Inilah Penyebabnya

5. Semangka 

Semangka mengandung banyak air dan rendah serat yang baik untuk penderita tipes. Hal ini karena kandungan air dan serat dalam semangka dapat meringankan masalah buang air besar selama tipes. Itulah beberapa buah buahan yang dapat meringankan gejala tipes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: