Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat daun waru yang sangat bagus untuk kesehatan -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Pohon waru atau dengan istilah Hibiscus Tiliaceus adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun dari tanaman ini kerap menjadi obat-obatan tradisional. Untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, cara pengolahannya bisa berbeda-beda. Pohon waru termasuk salah satu tanaman yang terkenal di dunia karena bunganya yang cantik dan berwarna-warni. Umumnya, orang-orang tahu jika hanya bunganya saja yang dimanfaatkan untuk pengobatan, padahal, daunnya juga bisa memberikan efek samping yang menyehatkan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu Mencegah Kanker

Daun waru memiliki kandungan antioksidan, khususnya polifenol, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Kandungan ini dapat mencegah pertumbuhan sel tidak terkendali dan mengurangi penyebarannya.

BACA JUGA:Ternyata Pare Kaya Akan Manfaat Loh! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Pada seseorang yang mengidap hipertensi, hal ini sangat baik untuk menurunkan risiko terkait gangguan pada jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun tersebut sehingga ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Daun ini bisa diolah menjadi teh yang bisa dikonsumsi secara rutin, agar kadar tekanan darah tetap normal.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Daun waru juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan, seperti antosianin, senyawa fenolik, serta flavonoid. Maka dari itu, konsumsi daun ini menjadi teh secara rutin sangat baik dalam mendukung kesuksesan diet.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kersen yang Tak Pernah Kamu Duga

4. Mengatasi Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada tanaman ini sangat baik dalam melawan radikal bebas, zat yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Jika radikal bebas terlalu banyak, risiko untuk menyebabkan penyakit berbahaya cukup rentan, salah satunya kanker.

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Kerutan di Wajah, Inilah Penyebabnya

5. Menurunkan Peradangan pada Tubuh

Daun waru memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik mengurangi peradangan. Tubuh yang kerap meradang dapat mengembangkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, asma, penyakit alzheimer, hingga rheumatoid arthritis. Itulah beberapa manfaat dari daun waru untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: