Buah Murbei Yang Jarang Diketahui Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Buah Murbei Yang Jarang Diketahui Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Manfaat yang terkandung dari buah murbei -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah murbei umumnya tumbuh di wilayah yang memiliki 4 musim, seperti kawasan Asia Utara dan Amerika Utara. Buah ini masih satu kerabat dengan Buah ara atau Buah tin, cempedak, dan sukun. Saat matang, Buah murbei akan berwarna kehitaman dan memiliki rasa yang nikmat. Buah ini sering kali diolah menjadi selai, sirop, teh, atau manisan murbei kering. Tak hanya buahnya, daun murbei juga bisa dikonsumsi, biasanya sebagai suplemen atau teh herbal. Buah murbei mengandung vitamin B, selenium, zinc, serta antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada banyak manfaat Buah murbei bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah terjadinya perlemakan hati

Lemak dalam tubuh tersimpan di jaringan lemak dan organ tertentu, termasuk hati. Namun, apabila kadar lemak di dalam tubuh terlalu tinggi dan tidak terkontrol, penumpukan lemak di hati pun dapat terjadi. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat, termasuk buah murbei, berolahraga secara rutin, dan menghindari konsumsi minuman beralkohol. Kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalam buah murbei dapat mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko penumpukan lemak di organ hati.

BACA JUGA:Rekomendasi Kampung Wisata di Surabaya, Cocok Liburan Bersama Keluarga

2. Menurunkan kolesterol dalam darah

Buah murbei bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, seperti LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kadar lemak baik atau HDL dalam tubuh. Selain mengonsumsi buah murbei, Anda juga perlu menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan mengonsumsi makanan berserat, mencukupi asupan omega-3 dan protein, serta berolahraga secara rutin.

BACA JUGA:Ternyata Kacang Panjang Memiliki Beberapa Manfaat Yang Penting Untuk Tubuh Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

3. Mengontrol berat badan

Buah murbei merupakan salah satu pilihan buah yang mengandung kalori rendah. Meski rendah kalori, buah murbei mengandung beragam nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, yang tetap dibutuhkan tubuh ketika diet. Inilah sebabnya buah  murbei baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

4. Mengontrol kadar gula darah

Buah murbei mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang dapat memperlambat pencernaan dan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa di usus. Hal ini menjadikan buah murbei bermanfaat untuk mencegah peningkatan kadar gula darah, sehingga baik bagi penderita diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Anggur Brazil di Majalengka, Menghasilkan 7 Rasa yang Berbeda Disetiap Pohonnya

5. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Buah murbei atau mulberry mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antikanker. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak buah murbei dapat menangkal kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas atau stres oksidatif dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Itulah manfaat buah murbei yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: