Ternyata Selada Air Memiliki Manfaat Yang Tersembunyi Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Ternyata Selada Air Memiliki Manfaat Yang Tersembunyi Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Lada air kaya akan manfaat bagi tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Selada air merupakan salah satu jenis sayuran hijau dari keluarga Brassicaceae yang banyak tumbuh di negara Asia dan Eropa. sayuran yang memiliki cita rasa sedikit pedas ini dapat diolah menjadi sup dan lalapan, atau dijadikan isian lumpia dan campuran sayur tumis. Selada air mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. sayuran ini juga rendah kalori, bebas lemak, dan kaya akan antioksidan. Berkat kandungan berbagai nutrisi di dalamnya tersebut, ada banyak manfaat Selada air yang bisa Anda raih. Berikut ini adalah berbagai manfaat Selada air untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mata

Selada air juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.  Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam selada air bermanfaat untuk melindungi mata dari berbagai kerusakan yang dapat menyebabkan kebutaan.

BACA JUGA:Rekomendasi Kampung Wisata di Surabaya, Cocok Liburan Bersama Keluarga

2. Mencegah penyakit kronis

Selada air bermanfaat sebagai sumber antioksidan alami, seperti fenol dan flavonoid. Bahkan dalam sebuah penelitian, selada air memiliki total fenol, jenis flavonoid, dan aktivitas antioksidan yang lebih banyak daripada beberapa jenis sayuran lain. Antioksidan dalam selada air berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan imun tubuh

Selada air juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang mampu melawan dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

BACA JUGA:Ternyata Kacang Panjang Memiliki Beberapa Manfaat Yang Penting Untuk Tubuh Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

4. Menurunkan risiko kanker

Sayuran berdaun hijau, seperti selada air, merupakan salah satu makanan pilihan utama untuk melawan kanker. Ini berkat aktivitas antioksidan dan kandungan isothiocyanate di dalam selada air. Isothiocyanate adalah senyawa kimia yang terbukti dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan, menghambat aktivitas zat karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh, serta menghalangi pertumbuhan dan penyebaran tumor.

BACA JUGA:Anggur Brazil di Majalengka, Menghasilkan 7 Rasa yang Berbeda Disetiap Pohonnya

5. Memperkuat tulang

Salah satu manfaat selada air yang tak kalah penting adalah membantu memperkuat tulang. Selada air mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Selain itu, satu porsi (35 gram) selada air mengandung lebih dari 100% kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K merupakan bagian dari protein yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah berbagai risiko penyakit tulang, seperti patah tulang pinggul dan osteoporosis. Itulah beberapa manfaat selada air bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: