Daun Kopasanda Yang Jarang Diketahui Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh!

Daun Kopasanda Yang Jarang Diketahui Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh!

Manfaat daun kopasanda yang jarang diketahui -Hello Sehat -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Meski termasuk dalam tumbuhan liar atau gulma, daun kopasanda nyatanya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. tumbuhan yang memiliki berbagai julukan seperti common floss flower, Siam weed, lenga-lenga, gulma siam, dan tekelan ini bahkan sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Jika diolah dengan tepat dan tidak dikonsumsi secara berlebihan, berikut adalah beberapa potensi daun kopasanda untuk kesehatan:

1. Membantu pengobatan leukemia

Leukemia merupakan salah satu jenis kanker darah yang terjadi karena jumlah sel darah putih terlalu banyak. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan dalam organ-organ, tubuh seperti paru-paru hingga otak. Ekstrak tumbuhan kopasanda terbukti memiliki sifat antiproliferasi pada sel leukemia tiruan. Sifat antiproliferasi berfungsi untuk mencegah pembelahan dan pertumbuhan sel kanker sehingga penyakit kanker tidak semakin parah.

BACA JUGA:Air Jeruk Peras Hangat Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Membantu penyembuhan luka pada kulit

Dengan sifat antiradang, antijamur, dan antibakteri, tanaman herbal satu ini banyak digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka pada kulit. Kegunaannya bervariasi, mulai dari mengobati goresan, luka bakar, ruam, hingga gigitan lintah. Pemanfaatan ini biasanya dilakukan dengan cara menempelkan daun kopasanda yang sudah diolah menjadi pasta secara langsung pada kulit atau merebusnya terlebih dahulu.

3. Membantu pengobatan diabetes 

Pemberian ekstrak Chromolaena odorata pada tikus dengan diabetes melitus menunjukkan hasil positif. Khasiat daun kopasanda ini didapatkan dari sifat antioksidan yang membantu menurunkan stres oksidatif, salah satu dampak dari diabetes melitus. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan ikut berkurang.

BACA JUGA:Wisata yang Lagi Viral! Gaskeun Menikmati Keindahan Alam Terasering Panyaweuyan Majalengka

4. Meredakan sakit maag

Dengan kandungan senyawa aktif seperti flavonoid dan terpenoid yang bersifat antiradang dan antioksidan, tanaman kopasanda banyak digunakan sebagai obat alami untuk sakit maag. Kedua senyawa tersebut tidak hanya mencegah peradangan karena kandungan asam lambung yang tinggi, tetapi juga karena banyaknya radikal bebas. Itulah manfaat yang terkandung dalam daun kopasanda yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: