Ternyata Buah Plum Yang Jarang Diketahui Memiliki Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Ternyata Buah Plum Yang Jarang Diketahui Memiliki Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Manfaat buah plum bagi kesehatan -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah plum pertama kali berasal dari China,  lalu diperkenalkan ke Jepang dan dibudidayakan hingga ke Eropa dan Amerika. Sampai sekarang, terdapat 2.000 varietas berbeda di seluruh dunia. Buah ini memiliki tampilan luar yang mirip apel dengan diameter sekitar 5 sampai 6 sentimeter. Kulit luarnya halus dengan daging buah bertekstur lembut. Buah ini masih satu keluarga dengan persik dan aprikot. Warnanya kulitnya beragam, mulai dari ungu, merah, hijau, kuning, hingga oranye. Sementara dagingnya berwarna kuning, oranye, atau merah muda. Rasanya manis dan segar, cocok untuk hidangan penutup setelah makan. Baik Buah plum segar maupun kering memiliki nutrisi yang sama. Bedanya, dalam buah kering terdapat kandungan gula yang tinggi. Jumlahnya berkisar 66 gram per cangkir yang setara dengan 100 gram. Buah plum atau yang lebih populer dengan sebutan buah prem di Indonesia memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan kecantikan seperti:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini secara langsung dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis maupun osteopenia dengan gejala berupa penurunan kepadatan tulang. Selain itu, buah ini juga mampu mengembalikan tulang ke bentuk semula. Manfaat ini terjadi berkat kandungan antioksidan dalam buah prem. Meski terlihat menjanjikan, perlu adanya studi lanjutan untuk mendukung efektivitas dan manfaat buah ini.

BACA JUGA:Air Jeruk Peras Hangat Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Jus buah plum memiliki khasiat dalam meredakan sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang tinggi dalam buah. Nutrisi tersebut berperan dalam membantu menyembuhkan luka pada lambung dan memelihara kesehatannya.

3. Baik untuk Kulit

Kandungan nutrisi lain dalam buah plum adalah vitamin C, E, dan A. Beberapa nutrisi tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Kabarnya, mengonsumsi buah ini dapat membuat kulit lebih ternutrisi, terlihat kencang, dan awet muda.

BACA JUGA:Wisata yang Lagi Viral! Gaskeun Menikmati Keindahan Alam Terasering Panyaweuyan Majalengka

4. Mengurangi risiko penyakit jantung 

Selanjutnya, makanan sehat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu mengendalikan tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Nutrisi tersebut mengendalikan tekanan darah dengan dua cara. Pertama, membantu tubuh membuang natrium saat buang air kecil. Kedua, mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu, risiko stroke dan penyakit kardiovaskular akan menurun.

BACA JUGA:Gaskeun! Menikmati Indahnya Alam di Curug Nyandung, Kuningan

5. Mengurangi kadar gula darah

Manfaat lain dari buah plum adalah mengurangi kadar gula darah. Kegunaan ini berasal dari kandungan seratnya yang membantu menekan lonjakan gula darah setelah kamu mengonsumsi karbohidrat. Selain itu, nutrisi tersebut juga membantu meningkatkan produksi adiponektin, yaitu hormon yang membantu mengatur kadar gula darah. Itu tadi beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan dan kecantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: