Berikut Deretan Ikan Yang Memiliki Kandungan Kalsium Tinggi Yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Berikut Deretan Ikan Yang Memiliki Kandungan Kalsium Tinggi Yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Deretan ikan yang mengandung kalsium tinggi, salah satunya ikan teri -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Konsumsi ikan yang mengandung kalsium tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gizi. kalsium atau zat kapur adalah mineral penting yang membentuk sebagian besar tulang dan gigi manusia. Mineral ini juga berperan dalam kesehatan jantung, otot, dan saraf. Memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari juga membantu tulang menjadi lebih padat dan kuat, sehingga risiko osteoporosis atau tulang rapuh bisa dikurangi. Berikut rekomendasi ikan kaya kalsium yang mudah dijumpai di Indonesia:

1. Ikan sarden

Ikan sarden yang sering ditemukan dalam bentuk kalengan kaya akan mineral kalsium dan nutrisi penting lain. Masih berdasarkan catatan Data Komposisi Pangan Indonesia, ikan sarden segar dengan berat 100 gram mengandung sekitar 95 miligram kalsium. Satu porsi sarden dengan bobot yang sama juga setidaknya menawarkan 123 kalori dengan 19,9 gram protein, 1,8 gram lemak, dan 3,4 gram karbohidrat. Tingginya kandungan kalsium dan nutrisi lain pada ikan sarden pun mampu bekerja sama dalam menjaga dan memelihara tulang serta kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Air Jeruk Peras Hangat Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Ikan teri 

Ikan teri mudah diolah menjadi aneka makanan karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil dari jenis ikan lainnya. Meski berukuran kecil, teri adalah satu satu jenis ikan tinggi kalsium yang terjangkau dan bercita rasa sedap. 100 gram ikan teri segar yang belum diolah mengandung 1.200 miligram kalsium. Selain kalsium, teri segar juga kaya akan mineral lain, seperti 1.500 miligram fosfor, dan 3,6 miligram zat besi.

3. Ikan tongkol

Ikan tongkol, yang masih satu keluarga dengan tuna, merupakan ikan tinggi kalsium selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Setiap 100 gram ikan dengan bentuk tubuh langsing memanjang ini menyimpan kalsium sekitar 92 miligram. Tongkol pun tinggi mineral lain, seperti fosfor 606 miligram, natrium 202 miligram, serta kalium senilai 227 miligram.

BACA JUGA:Wisata yang Lagi Viral! Gaskeun Menikmati Keindahan Alam Terasering Panyaweuyan Majalengka

4. Ikan kembung

Ikan kembung masuk dalam jajaran ikan dengan kandungan kalsium melimpah yang mudah dijumpai di pasaran Indonesia. Bahkan, salah satu jenis ikan makarel ini memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan salmon. Kembung dengan bobot 100 gram yang masih mentah dan belum diolah mengandung 136 miligram kalsium, 69 miligram fosfor, dan 0,8 miligram besi. Jenis ikan ini juga dilengkapi dengan 214 miligram natrium dan 245 miligram kalium yang membantu mencukupi kebutuhan nutrisi.

BACA JUGA:Yuk Berwisata Alam Bukit Bintang Capar yang Ada di Brebes

5. Ikan mujair

Ikan mujair yang hidup di perairan tawar dan payau merupakan ikan tinggi kalsium yang mudah ditemukan di pasar Indonesia. Ikan mujair yang masih segar mengandung sekitar 89 kalori, 18,7 gram protein, dan 1 gram lemak per 100 gramnya. Dari segi mineral, ikan yang masih satu keluarga dengan nila ini menyimpan 96 miligram kalsium, 209 miligram fosfor, 1,5 miligram besi, serta 265,8 miligram kalium. Demikian deretan ikan yang mengandung banyak kalsium bagus untuk kesehatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: