Berikut Makanan Yang Dapat Menyehatkan Dan Menjaga Kesehatan Mata

Berikut Makanan Yang Dapat Menyehatkan Dan Menjaga Kesehatan Mata

Pencegah alami sakit mata-Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu jenis makanan yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan mata adalah wortel. Namun, ternyata tidak hanya wortel yang baik untuk Menjaga kesehatan mata. Faktanya, ada berbagai jenis makanan untuk mata sehat yang bisa dikonsumsi. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan mata. Jika dikonsumsi dengan cara yang benar, makanan sehat juga bisa memberi manfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Berikut ini jenis makanan yang mengandung nutrisi penting dan masuk dalam kelompok makanan sehat untuk mata:

1. Kacang Almond 

Diperkirakan sekitar satu genggam kacang almond per hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per hari yang memperlambat penurunan fungsi makula dan berakibat menurunnya daya lihat kamu. Bukan hanya kacang almond, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga kaya vitamin E, misalnya biji bunga matahari.

BACA JUGA:Mitos dan Keindahan Curug Putri Palutungan, Konon Katanya Pernah Menjadi Tempat Pemandian Para Bidadari 

2. Ikan 

Mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan mata. Sebab, makanan laut ini kaya kandungan asam lemak omega-3. Nutrisi ini berperan dalam meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan retina mata. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi adalah salmon, ikan tuna, serta ikan tongkol. 

3. Telur 

Kuning telur mengandung nutrisi zinc, lutein, dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko penurunan daya lihat karena penambahan usia. Selain itu, telur juga mengandung sumber vitamin A untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A juga berfungsi mengurangi risiko terjadinya katarak dan degenerasi makula terkait usia.

BACA JUGA:Berikut Deretan Sayuran Yang Dapat Menjaga Kesehatan Tulang Anda

4. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau juga membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan antioksidan dalam makanan ini bisa diandalkan untuk mencegah gangguan penglihatan. Jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalah bayam, brokoli, dan sawi. Jenis makanan ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E.

BACA JUGA:Tanaman Hias Ini Cocok Untuk Di Dalam Ruangan, Bikin Udara Makin Segar!

5. Buah-buahan 

Tidak hanya sayur, buah-buahan bisa dikonsumsi demi mata yang sehat. Disarankan untuk banyak mengonsumsi jeruk dan stroberi, yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin ini diketahui bisa membantu menurunkan risiko gangguan mata, termasuk katarak. Itulah jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: