Hobi Berenang? Berikut Manfaat Berenang Yang Bagus Untuk Kebugaran Tubuh

Hobi Berenang? Berikut Manfaat Berenang Yang Bagus Untuk Kebugaran Tubuh

Manfaat berenang bagi kebugaran tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Renang merupakan salah satu cabang olahraga akuatik, di mana kecepatan gerakan kaki dan tangan menjadi kunci utamanya agar tubuh tetap mengapung. Manfaat berenang cukup beragam, hingga olahraga ini menjadi salah satu olahraga populer di seluruh dunia. olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia, bahkan mulai dari bayi. berenang juga termasuk olahraga air yang cukup menyegarkan, sehingga sangat cocok dilakukan di musim panas. Salah satu manfaat Renang bagi tubuh adalah meningkatkan metabolisme, sehingga bantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Sehingga, olahraga ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Manfaat berenang bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Jenis olahraga ini dikenal baik untuk kesehatan jantung. Berikut ini adalah beragam manfaat berenang yang bisa didapat :

1. Mengurangi Stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Saat aktif berolahraga, otak juga akan melepaskan bahan kimia tertentu, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin, yang bisa menurunkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

BACA JUGA:Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Rutin berenang selama 8 minggu bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi serta meningkatkan kesehatan jantung. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung dan stroke pun bisa berkurang.

3. Menurunkan Berat Badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500-650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik atau Funfact dari RA Kartini Sang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia 

4. Menjaga Kesehatan Paru

Berenang secara rutin juga baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru. Olahraga ini dapat melatih otot-otot yang terlibat dalam pernapasan dan meningkatkan volume udara yang bisa ditampung paru-paru. Hasilnya, kekuatan dan kapasitas paru-paru pun juga akan meningkat.

BACA JUGA:Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Bisa Petik dan Makan Durian Sambil Nikmati Suasana Pegunungan

5. Membangun Massa Otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang membuat hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang serta membantu membentuk dan menguatkan otot dada. Itulah beberapa manfaat dari berenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: