Ini Dia Manfaat Buah Mangga Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Ini Dia Manfaat Buah Mangga Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat dan manis, sekaligus kemudahan mangga yang dapat diolah menjadi sejumlah hidangan. Tidak hanya enak, nyatanya ada beberapa fakta menarik buah mangga untuk kesehatan. Beberapa fakta tersebut berkaitan dengan kandungan nutrisi mangga yang tinggi. Selain itu, mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan folat yang baik. Nutrisi ini merupakan asupan penting, terutama selama kehamilan. Sebab, folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, mangga menjadi salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi secara moderat. Berikut fakta kesehatan menarik tentang buah mangga yang wajib diketahui, Berikut penjelasannya: 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga kesehatan jantung. Alasannya, mangga mengandung magnesium dan potasium, yang dapat membantu menjaga aliran darah tetap sehat. Nutrisi ini sekaligus membantu pembuluh darah tetap rileks dan menstabilkan tekanan darah. Mangiferin sebagai antioksidan dari mangga juga baik untuk kesehatan jantung. Mangiferin dapat melindungi sel-sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan kematian sel. Selain itu, mangiferin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak dalam darah.

BACA JUGA:Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mangga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan senyawa amilase dan serat makanan yang berfungsi mencegah sembelit. Senyawa amilase dapat membantu melarutkan makanan lain di perut, memecah pati yang sulit, sehingga mencegah sembelit.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya penyakit gula. Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa.  Meski begitu, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih jauh. Pasalnya, buah mangga mengandung gula alami tinggi. Alhasil, konsumsi yang terlalu banyak malah berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

BACA JUGA:Pernah Mendirikan Sekolah, Inilah Sejarah Singkat Kartini Sosok Perempuan Tangguh

4. Meningkatkan Imun Tubuh 

Mangga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dapat berfungsi menurunkan risiko infeksi. Vitamin C pada mangga juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

BACA JUGA:H Maman Suherman Pengusaha asal Jatisura Ikut Penjaringan Bacawabup

5. Menurunkan Risiko Kanker

Buah mangga mengandung polifenol yang memiliki sifat antikanker. Polifenol berperan sebagai pelindung dari stres oksidatif, yang terkait dengan banyak jenis kanker. Kandungan polifenol pada mangga dapat mengurangi stres oksidatif, menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar. Itulah beberapa fakta kesehatan tentang buah mangga yang perlu kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: