Hampir Terancam?! Ini Dia Daftar Tanaman Yang Terancam Punah

Hampir Terancam?! Ini Dia Daftar Tanaman Yang Terancam Punah

Beberapa tanaman yang terancam punah-Orami-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tahukah anda bahwa tumbuhan langka di Indonesia semakin berkurang jumlahnya Ancaman kepunahan beberapa tanaman ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab utama kepunahan tersebut adalah adanya alih fungsi lahan, yang menyebabkan beberapa jenis tumbuhan langka di Indonesia kehilangan habitatnya.

BACA JUGA:Mahal Banget! Ini Dia Deretan Tanaman Hias Termahal di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna. Luas hutan tropis Indonesia, yakni sekitar 130,61 juta hektar. Hutan tropis ini menjadi habitat dari sebagian besar populasi spesies dari 17% spesies flora-fauna dunia yang ada di Indonesia. Tumbuhan-tumbuhan langka ini hidup di berbagai belahan hutan tropis di Indonesia. Ada pun jenis-jenisnya, antara lain:

1. Pohon Damar

Tanaman ini memiliki tinggi batang berkisar sampai 60 meter. Pohon ini banyak ditemukan di daerah Papua. Tumbuhan langka ini dimanfaatkan untuk pembuatan kopal (salah satu bahan dasar untuk pelapis kertas pernis atau lak). Habitat pohon damar saat ini hampir punah dan sudah jarang ditemukan.

BACA JUGA:3 Tempat Nongkrong di Majalengka yang Favorit Dikunjungi Anak Muda

2. Rafflesia Arnoldii

Tumbuhan ini adalah bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus titanum yang merupakan bunga raksasa yang unik. Kenapa bisa dikatakan bunga bangkai? Karena bunga ini dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Menariknya, bunga ini juga tidak dapat dipetik karena posturnya yang besar dan merupakan salah satu bunga tertinggi di dunia. Untuk di Indonesia, tumbuhan langka ini tidak hanya terdiri dari satu spesies saja. Tercatat, ada sekitar 170 spesies bunga bangkai di dunia.

3. Kantong Semar

Keunikan tumbuhan langka ini terletak pada kemampuan dalam memangsa serangga seperti lalat, lebah, dan kumbang. Tak jarang, sebutan tumbuhan langka ini berbeda-beda di setiap daerah. Ada yang menyebutnya sebagai periuk monyet, kantok beruk dan banyak lagi. Kantong semar tersebar mulai dari Australia, Asia Tenggara, hingga Cina bagian selatan. Pulau Borneo (Kalimantan, Sarawak, Sabah, dan Brunei) tercatat sebagai pusat Kantong Semar paling banyak di dunia.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Travel Majalengka Tasikmalaya Dengan Harga Terjangkau

4. Edelweiss Jawa

Tumbuhan ini adalah tumbuhan langka dengan nama bunga senduro atau dikenal Edelweiss Jawa. Habitat bunga ini yaitu di sekitar pegunungan di wilayah Pulau Jawa yang biasanya tumbuh berkembang setelah terjadinya erupsi. Populasi bunga ini semakin sedikit, akibat banyak lahan yang dialihfungsikan.

BACA JUGA:5 Jenis Kebaya untuk Rayakan Hari Kartini, dari Tradisional hingga Kekinian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: