5 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Salah Satunya Bisa Terhindar Dari Fitnah Dajjal

5 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Salah Satunya Bisa Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Surah Al Kahfi dalam Al Quran. -Dokumentasi Pribadi Rafli Wahyu Anugrah -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Hari Jumat sebagai hari yang memiliki satu keistimewaan tersendiri dibanding hari-hari lainnya, bahkan dalam islam saja untuk Hari Jumat, akan ada pelaksanaan sholat yang wajib bagi kaum lelaki yakni yang dinamakan sebagai Sholat Jumat.

Seperti yang terkandung di dalam ayat suci Al Quran mengenai keutamaan hari Jumat dengan amalan untuk konteks Sholat Jumat yang dijelaskan dalam Surah Al-Jumuah Ayat 9 yang berbunyi: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Pun dalam hari Jumat kita sebagai umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan selain Sholat Jumat saja, seperti membaca Al Quran dengan Surah khusus yakni Surah Al Kahfi dan juga ada istilah yang dibuat sebagai pengingat untuk membaca Surah Al Kahfi yakni Al Kahfi Time. Membaca Surah Al Kahfi memanglah identik dengan hari Jumat, serta malam Jumat. Karena membaca Surah Al Kahfi baik pada malam Jumat atau hari Jumat, akan mendapatkan fadhillah dan keutamaan yang bisa menambah pahala kita di hari Jumat. 

Pada artikel berikut ini akan berfokus untuk membahas 5 keutamaan membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, yang salah satunya bisa menjaga kita dari fitnah Dajjal sang penipu. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Kepulauan Mentawai Jadi Sorotan, Usai Vokalis RHCP Anthony Kiedis Berlibur Sambil Bersantai Nikmati Suasana

1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Sebagaimana yang sudah diketahui oleh umat muslim, bahwasanya Dajjal merupakan sosok musuh terbesar di akhir zaman nanti, pasalnya ia adalah penipu ulang yang mengaku menjadi tuhan. Ingat selalu bahwa Surganya Dajjal Adalah Neraka, dan Nerakanya Dajjal Adalah Surga. Keutamaan membaca Al Kahfi selanjutnya terletak pada sepuluh ayat pertama. Hadits Rasulullah dari Abu Darda' RA menyebutkan seseorang yang membaca sepuluh ayat pertama surah Al Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal yang berbunyi "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

2. Disinari Cahaya

Rasulullah SAW bersabda bahwa seseorang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan diberkahi cahaya antara dirinya dan Kakbah. Rasulullah bersabda yang dikutip dari Ad Darimi dan berbunyi "Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kakbah." (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471).

BACA JUGA:4 Hadis Tentang Puasa Syawal Sesuai Sabda Rasulullah SAW Beserta Keutamaan Puasa Syawal

3. Diampuni dosa antara dua Jumat

Menurut hadis, sunnah membaca surah Al Kahfi juga mengandung keutamaan berupa ampunan dosa di antara dua Jumat bagi yang membacanya. Abdullah bin Umar RA berkata, Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR Abu Bakr bin Mardawaih).

4. Pengingat hari Kiamat

Sebagaimana yang sudah dipercaya dan diketahui oleh umat muslim mengenai hari kiamat seperti yang menjadi aturan pada rukun iman yang ke 5. Dengan membaca Surat Al Kahfi juga bisa menjadi pengingat bagi kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: