Kuliner Khas Cirebon Yang Cocok Untuk Dikunjungi dan Dicoba

Kuliner Khas Cirebon Yang Cocok Untuk Dikunjungi dan Dicoba

Kuliner khas Cirebon, salah satunya Jamblang -Orami-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Cirebon adalah sebuah kota yang berada di Jawa Barat. Ternyata kota yang terkenal dengan terasinya ini memiliki hal yang dapat menarik perhatian wisatawan yakni kulinernya. Cirebon memiliki makanan khas yang memiliki rasa unik. Ada banyak makanan yang bisa menggugah selera bagi para pemburu kuliner lokal. Buat anda yang masih asing dengan makanan khas Cirebon, anda harus coba langsung ke kota ini. Dirangkum dari laman Kota Cirebon, berikut makanan khas Cirebon yang enak dan terkenal:

1. Empal Gentong

Empal gentong menjadi kuliner primadona yang banyak diburu oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Cirebon tidak menikmati empal gentong. Salah satu warung Empal Gentong yang dapat dikunjungi terletak di Jl. Doktor Sutomo Cirebon. Warungnya cukup sederhana, di depannya terdapat tulisan Empal Gentong yang cukup mencolok dan beberapa buah kelapa muda. Menu andalan di warung makan ini adalah empal gentong dengan isian daging sapi dan tulang muda. Daging sapi dan tulang muda disiram dengan kuah empal gentong yang bersantan menjadikan kuliner empal gentong di warung ini beda dibandingkan dengan warung empal lainnya.

BACA JUGA:Ingin Berkunjung Ke Indramayu? Berikut Kuliner Khas Indramayu Yang Wajib Dicoba

2. Nasi Lengko

Nasi lengko adalah nasi yang berisikan tauge, kucai, timun, tempe, tahu lalu disiram dengan saus kacang. Selain itu tersedia juga sate sebagai teman makan nasi lengko. Nasi Lengko merupakan salah satu kuliner khas Cirebon, maka dari itu kita akan mudah sekali menemukan berbagai tempat yang menjual kuliner ini.

3. Nasi Jamblang

Kuliner ini dinamakan nasi jamblang karena penyajiannya menggunakan daun jamblang sebagai alas dari makanan ini. Selain cara penyajiannya yang unik, lauknya juga terdiri dari berbagai jenis masakan dan tentu saja "self service" alias prasmanan.

BACA JUGA:Kuliner Khas Garut Yang Cocok dibawa Pulang Untuk Keluarga

4. Docang

Docang khas Cirebon disajikan dengan lontong, tauge, dan daun singkong. Lalu disiram kuah dage (oncom) dan parutan kelapa serta dihidangkan dengan kerupuk. Warung docang saat ini sudah banyak tersebar di Kota Cirebon, salah satunya terletak di depan Pasar Kanoman.

BACA JUGA:Durian Lato-lato? Yuk Simak Beberapa Durian Khas Dari Majalengka yang Nikmat, Lembut dan Legit!

5. Tahu Gejrot

Kata "gejrot" sendiri berasal dari bahasa Cirebon yang artinya tumbuk atau uleg. Jadi tahu gejrot adalah tahu yang diuleg bersamaan dengan kuahnya. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang disiram oleh air gula dan cuka yang telah ditumbuk (gejrot) bersama dengan irisan bawang dan cabe. Tak hanya terdapat di rumah makan, tapi masih ada juga penjual yang menggunakan pikulan. Demikian tadi beberapa kuliner khas Cirebon yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: