Ingin Berkunjung Ke Indramayu? Berikut Kuliner Khas Indramayu Yang Wajib Dicoba

Ingin Berkunjung Ke Indramayu? Berikut Kuliner Khas Indramayu Yang Wajib Dicoba

Kuliner khas Indramayu, salah satunya nasi lengko -Travel Kompas-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Indramayu merupakan satu daerah yang memiliki ragam kuliner khas. Bagi Anda yang sedang berada di Indramayu tidak ada salahnya mencoba kuliner khas Indramayu yang kelezatannya sudah banyak diakui. Berikut ini beberapa makanan khas Indramayu yang nikmat dan lezat:

1. Mie Ragit

Mie Ragit adalah makanan tradisional khas Indramayu yang terdiri dari mie dan telor dadar yang diberi kuah udang santan. Untuk menambah kelezatan, mie ragit disajikan dengan tambahan sambal kacang. Bahkan, ragit semakin nikmat disantap saat dalam kondisi hangat. Makanan legendaris turun temurun di Indramayu ini memang sedikit sulit dicari. Karena, mie ragit biasanya diproduksi saat bulan ramadan.

BACA JUGA:Kuliner Khas Garut Yang Cocok dibawa Pulang Untuk Keluarga

2. Nasi Lengko

Nasi lengko disajikan dengan toping berisi aneka paduan sayur seperti tauge, potongan mentimun. Bahkan, campuran toping diatas sayuran terdapat tumbukan kacang dengan racikan bumbu. Sehingga, rasanya sangat memikat lidah. Berbeda dengan sajian nasi lengko di Cirebon. Tambahan irisan daun kucai menambah citarasa nasi lengko khas Indramayu semakin nikmat. Terlebih disantap saat nasi masih hangat.

3. Pedesan Entog

Pedesan entog merupakan kuliner asli Indramayu yang cukup populer. Makanan satu ini mirip kuah sayur dengan dominasi daging entog. Masakan ini merupakan olahan dari daging entog dengan kuah dari aneka bumbu rempah-rempah. Biasanya, pedesan entog diolah dengan kuah yang lebih sedikit. Sehingga, cita rasa racikan bumbu dapat menghilangkan amisnya daging entog. Serta mampu membuat daging lebih kenyal. Selain memiliki citarasa yang lezat dan nikmat, pedesan entog juga memiliki citarasa rasa pedas yang sesuai dengan penamaan kuliner tersebut. Sehingga, paduan bumbu cabai dan merica membuat masakan yang satu ini bisa menggoyang lidah pecinta kuliner.

BACA JUGA:Durian Lato-lato? Yuk Simak Beberapa Durian Khas Dari Majalengka yang Nikmat, Lembut dan Legit!

4. Burbacek

Burbacek yang merupakan singkatan dari bubur rumbah dan cecek ini pun banyak diburu penikmat kuliner. Makanan khas Indramayu, yang disajikan dari perpaduan bubur, rumbah (rebusan sayur) dan cecek (kikil kulit sapi). Bubur menjadi bahan utama dalam burbacek. Tambahan rumbah dengan takaran rasa pedas yang pas, serta racikan bumbu dalam taburan kulit sapi (cecek) membuat kuliner khas Indramayu ini semakin nikmat. Makanan ini pas untuk semua kalangan. Kebanyakan, burbacek disantap saat waktu pagi (sarapan) atau untuk makan siang.

BACA JUGA:Ciri-ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Air Mawar, Lengkap dengan Tips Cara Aman Penggunaannya!

5. Pindang Gombyang Ikan Manyung

Pindang Gombyang, kuliner dengan bahan utama ikan manyung ini pun jadi kuliner primadona khas Indramayu. Kuah yang disajikan bersama ikan manyung ini biasanya tanpa santan (atau biasa disebut air pindang). Racikan bumbu rempah-rempah alami menghilangkan rasa amis pada ikan manyung. Hal itu menjadi khas tersendiri dari kelezatan kuliner di pesisir pantai. Bukan hanya sajian kuah (pindangan) saja. Kelembutan daging pada ikan manyung, dan bagian kepala ikan jadi keutamaan yang berhasil memikat lidah para penikmat kuliner. Demikian tadi beberapa kuliner khas Indramayu yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: