Momen Lebaran, Penjualan Batik Khas Majalengka Naik 50 Persen

 Momen Lebaran, Penjualan Batik Khas Majalengka Naik 50 Persen

DIMInaTI: Menjelang lebaran tahun 2024 ini ada kenaikan penjualan batik khas Majalengka karya Heri suhersono mencapai 50 persen.-Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Motif batik Panyaweuyan dan Simbarkancana karya Galery Herty Elit Batik Majalengka masih diminati pada momentum Lebaran 1445 H.

Seorang pegawai di Galery Herty elit Batik Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran, Sopiah menyebutkan, menjelang lebaran tahun 2024 ini ada kenaikan penjualan batik khas Majalengka karya Heri Suhersono mencapai 50 persen.

“Motif Panyaweuyan, Simbarkancana, Lauk Ngibing dan Kota Angin masih menjadi pilihan konsumen di Kabupaten Majalengka  menjelang lebaran,” ujar  Sopiah kepada Radar belum lama ini.

Disebutkan Sopi, harga batik tulis  tertinggi di Herty Elit untuk bahan pakaian mencapai Rp2,5 juta.
Sedangkan harga baju batik yang bisa langsung dipakai seharga minimal Rp70 ribu perbuah.

BACA JUGA:Reuni SDN Waringin III 17 Angkatan Berlangsung Semarak

“Kami menerima pesanan untuk souvenir hajatan atau acara acara tertentu  dalam jumlah banyak, dan menjual asker bahan batik untuk tampil lebih modis dan anggun,” ujarnya.

Owner Herty Elit, Heri Suhersono mengungkapkan sekitar tahun 1990 sudah membuat motif Buah Maja yang konon nama Majalengka. Karena saat para Wali dulu menggunakan buah Maja untuk obat.

“Saya bikin ilustrasi buah maja menjadi motif batik, dan tahun 2007 pada masa Presiden SBY   ikut pameran batik di Grage Mall Cirebon pada acara Peringatan Hari Batik Nasional pertama kalinya  tahun 2007,” kenangnya.

Karya Herty Elit sedikitnya 22 motif diantaranya Simbarkencana, Gedong Gincu, Lauk Ngibing, Kota Angin, Nyi Rambut kasih, Nguseup, Pesawat dan lainnya. (ara)

BACA JUGA:Tata Cara dan Ketentuan Puasa Syawal, di Momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: