Beragam Manfaat dari Kangkung Sayuran Sehat!

Beragam Manfaat dari Kangkung Sayuran Sehat!

Manfaat kangkung yang jarang diketahui -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMJALENGKA.COM - Kangkung, juga dikenal dengan istilah bayam air, adalah tanaman perairan di daerah rawa-rawa. Kangkung merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, sayuran bayam air ini memiliki bentuk daun memanjang dengan lebar sekitar 2,5-8 sentimeter (cm). Tak jauh berbeda dengan jenis sayuran lainnya, sayuran yang punya nama latin Ipomoea aquatica ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Meskipun kaya akan berbagai nutrisi penting, Kangkung merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Terbukti, sebelum dimasak, secangkir daun bayam air hanya mengandung sekitar 28 kalori. Berikut manfaat Kangkung atau bayam air yang bisa Anda dapatkan dengan rutin menyantapnya, yakni:

1. Melawan liver

Sejak berabad-abad lalu, manfaat kangkung diketahui mujarab untuk melawan kerusakan organ hati. Baru-baru ini penelitian dalam jurnal Molecules juga berhasil membuktikan manfaat tersebut. Kangkung disebut-sebut bisa melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan peradangan. Karena kangkung bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA:Bayam Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan berbagai jenis mineral dalam kangkung membuat sayur ini baik untuk mencegah dehidrasi. Ini karena peran utama mineral seperti kalium dan natrium yang ada di dalamnya. Kedua mineral tersebut bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Itu sebabnya, makan sayur bayam air ini bisa mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan.

3. Mengatasi anemia

Mineral yang terdapat dalam sayur kangkung juga bisa membantu mengatasi gejala anemia. Ini lantaran kangkung mengandung zat besi dan fosfor. Zat besi sendiri sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, misalnya jantung dan otak.

BACA JUGA:Helm Retro Full Face Kece Untuk Kalangan Remaja dari Ratusan Ribu Sampai Jutaan Rupiah

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kangkung lainnya yang sayang jika dilewatkan yaitu mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, kangkung tinggi akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.  Baik itu kerusakan sel karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke atau karena infeksi virus dan bakteri. Itu tadi beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang penting untuk anda dan keluarga anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: