Niat dan Bacaan Doa Berbuka untuk Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaan dan Manfaat Kesehatannya 

Niat dan Bacaan Doa Berbuka untuk Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaan dan Manfaat Kesehatannya 

Ilustrasi slogan untuk ajakan melaksanakan puasa Senin Kamis. -Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah, yang memiliki keutamaan tersendiri, dan untuk pelaksanaannya pun tidaklah susah.

Pelaksanaan puasa Senin Kamis itu umumnya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis saja, dalam satu minggu, puasa ini juga bisa digabung dengan puasa syawal, jika dalam konteks penggabungan kedua niat dari puasa sunnah ini, dan hukumnya juga tetap sah-sah saja dan diperbolehkan. 

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang bisa dilaksanakan di hampir tiap bulan, cukup pada hari Senin dan Kamis saja, bahkan puasa sunnah satu ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, yang salah satunya yaitu mengontrol kadar lemak dan gula darah.

Jadi tunggu apalagi jika ingin melaksanakan puasa Senin Kamis, akan tetapi sebaiknya simak artikel berikut ini untuk informasi mengenai niat dan bacaan doa berbuka puasa beserta keutamaan dan manfaat kesehatan yang diperoleh dari melaksanakan puasa Senin Kamis. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda semua.

BACA JUGA:Keutamaan Melaksanakan Puasa Syawal 6 Hari Setelah Puasa Ramadhan, Menurut Hadis Serta Para Ulama

Bacaan niat untuk puasa Senin Kamis dibagi menjadi dua, keterangan niat bacaan nya sebagai berikut:

Niat puasa Senin: Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta’ala. Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta’ala”.

Niat puasa Kamis: Nawaitu shauma yaumil khamisi lillahi ta’ala. Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta’ala”.

Untuk bacaan doa berbuka bagi Puasa Senin Kamis adalah dengan keterangan sebagai berikut: 

Bacaan doa buka puasa Senin Kamis adalah sama seperti puasa Ramadhan sebagaimana bacaan doa berbukanya seperti: Allahumma lakasumtu wabika Aamantu wa 'ala Rizqika Afthortu Birohmatika yaa Arhamar Roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih".

BACA JUGA:Apakah Boleh Puasa Syawal Digabung dengan Puasa Senin Kamis, Berikut Penjelasan Serta Bacaan Niatnya 

Keutamaan dari melaksanakan puasa Senin Kamis sebagaimana yang bersumber dari hadis riwayat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

- Keutamaan puasa Senin Kamis adalah suatu hari dimana disampaikannya amalan manusia, sebagaimana dari sumber riwayat hadis sesuai sabda Rasulullah SAW yang berbunyi "Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap Senin dan Kamis. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa” (Hadist Riwayat Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: