Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat bunga lavender untuk kesehatan tubuh -Alodokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Lavender adalah tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga mint. Aroma bunganya manis dan batangnya memiliki banyak cabang. Dari jauh, bunga ini terlihat seperti semak-semak. Bunga dengan nama latin Lavandula officinalis ini sudah ada sejak 2.500 tahun lalu. Berasal dari Mediterania, Timur Tengah, dan India, masyarakat sering menggunakan bunga ini sebagai obat herbal guna mengobati berbagai masalah kesehatan. Kebanyakan tumbuhan berbunga ini memiliki warna ungu. Namun, anda juga bisa menjumpai bunga yang berwarna putih, kuning, atau merah muda. Terlepas dari warnanya, tanaman herbal ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Membunuh virus

Tanaman ini memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang efektif untuk mematikan bakteri dan virus. Ekstrak minyak lavender juga efektif untuk menghambat tumbuhnya jamur, salah satunya adalah Candida albicans. Potensi tanaman ini sebagai antijamur membuatnya efektif untuk obat alami kurap dan kutu air.

BACA JUGA:Wisata di Kuningan yang Populer dan Hits, Cocok untuk Menikmati Libur Lebaran

2. Mengatasi kecemasan

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan dan mengonsumsi kapsul minyak lavender dengan dosis 160 miligram mengalami penurunan kecemasan yang signifikan. Ini karena aroma dari tanaman tersebut memberikan efek relaksasi pikiran dan mampu memperbaiki suasana hati.

3. Meredakan nyeri haid

Nyeri haid menjadi kondisi yang sangat umum terjadi pada wanita. Cara mengatasi hal ini juga beragam, mulai dari menggunakan bahan alami hingga mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri. Salah satu cara alami yang bisa membantu meredakan nyeri menstruasi yaitu menghirup aroma bunga lavender.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Religi di Majalengka, Cocok untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berikutnya yaitu membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama untuk orang-orang yang mengalami gangguan tidur. Tanaman herbal ini mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak sehingga kamu akan terbangun dengan badan yang lebih segar keesokan harinya.

BACA JUGA:Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Bisa Berziarah Sambil Berburu Karomah

5. Mengatasi sakit kepala

Menghirup aroma dari minyak lavender selama kurang lebih 15 menit bisa membantu mengurangi rasa nyeri karena sakit kepala sebelah (migrain). Namun, studi ini masih dalam skala yang terbatas sehingga perlu adanya studi lanjutan untuk membuktikan efektivitasnya. Itu tadi beberapa manfaat bunga lavender bagi kesehatan tubuh yang penting untuk anda dan keluarga anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: