Ini dia 5 tempat wisata di Dieng yang seru untuk dikunjungi

Ini dia 5 tempat wisata di Dieng yang seru untuk dikunjungi

Tempat wisata dieng-Travel Kompas-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Dieng merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi. Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan. Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari. Dieng merupakan obyek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat libur panjang. Berikut 5 rekomendasi wisata di Dieng yang wajib dikunjungi saat libur panjang:

1. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan tempat yang pas untuk menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Sesuai namanya, terdapat batu besar yang dapat didaki pengunjung di lokasi ini. Batu Pandang Ratapan Angin berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl, atau lebih tinggi dari lokasi telaga. Baca juga: Batu Pandang Ratapan Angin, Tempat Terbaik Melihat Telaga Warna Dieng Dari ketinggian, wisatawan bisa melihat panorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta perbukitan di sekitarnya dengan sangat jelas. Keunikan panorama kedua telaga tersebut adalah warna airnya telaga yang kontras meski bersebelahan.

BACA JUGA:Garut bisa menjadi salah satu list untuk anda berwisata

2. Telaga Pengilon

Mengapa di namakan Telaga Pengilon, lantaran warna air di sini jernih, sehingga wisatawan bisa bercermin dari permukaan telaga.  Pengilon diambil dari bahasa Jawa, ngilo, yang bermakna berkaca. Konon, siapa pun yang melihat dirinya cantik atau tampan dari permukaan Telaga Pengilon, berarti orang tersebut berhati baik.

3. Telaga Warna

Telaga Warna yang merupakan salah satu ikon wisata Dieng. Telaga Warna karena warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari. Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta dikelilingi panorama Gunung Prau.

BACA JUGA:Berikut rekomendasi wisata hits dan menarik yang berada di kota Purwakarta

4. Bukit Sikunir 

Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng, karena dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dari atas bukit.

Bukit Sikunir terkenal dengan sebutan golden sunrise karena keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan. Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Destinasi Favorit Berburu Sunrise di Negeri Atas Awan Tak hanya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

BACA JUGA:Ingin berlibur? Berikut rekomendasi tempat wisata di Cimahi yang cocok untuk anda berlibur

5. Gunung Prau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: